Kades di Tiga Kabupaten di Jateng Diduga Korupsi Dana Desa, Polda Jateng Periksa 13 Saksi

- 25 November 2023, 21:10 WIB
 Dirreskrimsus Polda Jawa Tengah Kombes Pol Dwi Subagio saat memberikan keterangan pers soal dugaan korupsi yang  dilakukan kepala desa/ PMJ News
Dirreskrimsus Polda Jawa Tengah Kombes Pol Dwi Subagio saat memberikan keterangan pers soal dugaan korupsi yang dilakukan kepala desa/ PMJ News /

PRIANGANTIMURNEWS- Penyelidikan kasus dugaan korupsi dana desa di tiga kabupaten terus dilakukan Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah.

Penyelidikan dilakukan merupakan tindak lanjut informasi yang diperoleh dari adanya aduan masyarakat pada 12 April 2023.

Apapun Kepala desa yang diduga melakukan korupsi terjadi di tiga kabupaten, yakni Karanganyar, Wonogiri, dan Klaten.

Baca Juga: Kasus Korupsi Pengadaan APD Covid-19 Tahun 2020, BNPB Hormati Penyidikan KPK


Dirreskrimsus Polda Jawa Tengah Kombes Pol Dwi Subagio mengatakan penyelidikan tersebut dilakukan berkaitan dugaan pekerjaan di beberapa desa yang tak sesuai spesifikasi, dan juga pemotongan dana Bantuan Provinsi (Banprov) Jateng yang diterima oleh desa selama tahun anggaran 2020 dan 2021.

"Sudah dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa kepala desa, Tim Pengelola Kegiatan (TPK), dan pihak ketiga yang terlibat dalam program Bankeu Provinsi Jateng," ujar Dwi dalam keterangan yang diterima Sabtu 25 November 2023.

Dugaan korupsi tersebut, lanjut Dwi, juga meliputi modus operandi penyedia jasa ketiga serta dugaan kualitas pekerjaan yang tak sesuai spesifikasi.

Baca Juga: PMII Soroti Dugaan Korupsi ASN di Kota Tasikmalaya, Heru Muhtar: Harus Segera Diatasi

Hingga kini, belasan orang sudah dipanggil dan dimintai keterangannya dalam proses pemeriksaan yang meliputi pihak swasta dan instansi pemerintah, dan juga mengumpulkan dokumen terkait sebagai alat bukti.

"Pihak-pihak yang sudah di ambil keterangan sebanyak 13 orang. Dokumen yang diperoleh sementara ini, yaitu fotocopy laporan pertanggungjawaban (LPJ), daftar penerima bantuan keuangan (Bankeu) Gubernur Jateng," paparnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x