Dirjen Imigrasi Pastikan Sistem Layanan Sudah Pulih, 60 Ribu Paspor Sempat Tertunda

- 29 Juni 2024, 15:00 WIB
Dirjen Imigrasi pastikan progress pemulihan sistem menunjukkan hasil yang signifikan sejak hari Kamis 27 Juni 2024./Edi Mulyana/priangantimurnews/PRMN
Dirjen Imigrasi pastikan progress pemulihan sistem menunjukkan hasil yang signifikan sejak hari Kamis 27 Juni 2024./Edi Mulyana/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Beberapa hari ini sistem layanan di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengalami kendala gangguan. 

Sistem layanan Imigrasi yang mengalami gangguan antara lain perlintasan, visa, izin tinggal dan paspor, namun kini telah beroperasi normal sejak hari Jumat 28 Juni 2024.

Sistem perlintasan sudah pulih dan beroperasi dengan baik sejak Jumat Sabtu malam. Autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal pada Minggu 23 Juni 2024. Aplikasi M-Paspor dan Cekal Online beroperasi kembali pada Minggu 23 Juni 2024, dan sistem penerbitan paspor pulih sepenuhnya hari ini.

Baca Juga: Server PDN Ganguan, Imigrasi Tetap Layani Perlintasan dan Paspor

"Sejak gangguan di PDN (Pusat Data Nasional) Kementerian Kominfo terjadi pada Kamis pekan lalu, kami melakukan langkah-langkah penanganan, dimulai dari mengeluarkan kebijakan yang responsif dan adaptif untuk menangani dampak serangan siber tersebut,"kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, Sabtu 29 Juni 2024.

Silmy menjelaskan, penanganan paling awal dilakukan pada sistem perlintasan di tempat perlintasan imigrasi (TPI) bandara dan pelabuhan, yaitu dengan penggunaan pemeriksaan. secara manual dan terdokumentasi.

"Meskipun proses masuk-keluar Bandara terganggu kendala kesisteman, Imigrasi tetap memiliki record perlintasan," katanya. 

Baca Juga: Intel Dakim Imigrasi Tasikmalaya Deportasi WNA India Langgar Izinn Tinggal

"Pengambilan keputusan pemindahan data center dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis di pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo terjadi. Kami mengamati perkembangan recovery PDN yang tidak menunjukan hal positif di hari pertama gangguan," ujar Silmy. 

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah