Mau Tahu Apa Arti Pangandaran? Simak ini Penjelasannya

- 23 Februari 2022, 11:51 WIB
Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan dan pesona nya.
Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan dan pesona nya. /Instagram @berandapangandaran/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Nama Pangandaran tentu udah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat khususnya  dan luar jabar umumnya. 
 
Pangandaran merupakan daerah otonomi baru  hasil pemerkaran dari Kabupaten Ciamis memiliki banyak potensi alam.
 
Selain dikenal dengan wisata pantainya, Pangandaran juga banyak memiliki wisata alam seperti Green Canyoon, Gunung juga  sejarah. Di Pangandaran ada beberapa situs peninggalan sejarah.
 
 
Namun di balik moncernya nama Pangadaran, tentu belum banyak yang tahu mengenai arti dan asal usul dari Pangandaran. 
 
Menurut tokoh masyarakat yang juga pemandi wisata Cagar Alam Pangandaran Nuryanto sampai sekarang memang belum ada yang menyusun buku tentang Pangandaran. Sehingga banyak masyarakat yang belum tahun apa arti Pangandaran.
 
"Arti Pangandaran jarang yang tahu dan belum ada yang membuat buku arti dari Pangandaran," ungkap Nuryanto salah seorang Pemandu Wisata si Cagar Alam Pangandaran, Rabu, 23 Februari 2022.
 
 
Nuryanto mengatakan, dari cerita turun temurun dari para kuncen ada beberapa definisi dari Pangandaran.
 
"Kami dari pemandu terus menggali tentang definisi Pangandaran dari tokoh masyarakat, para juru kunci dan orang orang yang di anggap mengetahui tentang sejarah Pangandaran," ujarnya.
 
Dikatakannya, dari hasil penelusuran bahwa Pangandaran berasal dari dua kata, yaitu Pangan dan daran.
 
 
"Pangan artinya makanan dan daran asal kata dari andar artinya pendatang," tuturnya.
 
Nuryanto menjelaskan, tidak hanya dari dua kata tersebut karena dari dua kata tersebut mengandung makna  yang sangat luas dan menimbulkan perdebatan.
 
"Jadi kalau diartikan pangan adalah makanan maka pangan berarti suatu tempat yang banyak makanan, dan daran asal kata dari andar andar artinya pendatang berarti banyak yang datang nyari makan," katanya.
 
 
Arti Pangandaran dibagi menjadi dua versi lanjut Kaput, yang pertama adalah Pangandaran adalah tempat pendatang yang nyari makan.
 
"Dan kenyataannya di Pangandaran banyak orang luar yang merantau datang ke Pangandaran untuk berusaha mencari makan," katanya.
 
Dan arti yang kedua adalah makanan yang datangnya dari para pendatang atau tamu.
 
 
"Kenyataannya bahwa Pangandran sekarang menjadi obyek wisata banyak pendatang atau wisatawan yang datang ke Pangandaran untuk berwisata membuang uang di Pangandaran dengan menginap, berbelanja, bermain water sport, beli oleh oleh yang secara otomatis menjadi lahan usaha untuk orang Pangandaran," ujarnya.
 
Lanjut Kaput, itu hanya definisi hasil penelusuran pemandu wisata di cagar alam Pangandaran.
 
"Benar dan tidaknya masih dalam proses mencari arti yang sebenarnya, tidak bisa dipastikan," katanya.***
 
 

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x