Partai Golkar, PAN, PPP Pernah Berkuasa di Kota Tasikmalaya, Bagaimana di 2024?

- 30 Mei 2022, 08:16 WIB
Apa kabar kursi Wali Kita Tasikmalaya di 2024
Apa kabar kursi Wali Kita Tasikmalaya di 2024 /PRMN/PRITIMNEWS/NANANG YUDI/

PRIANGANTIMURNEWS- Partai Golongan Karya (Golkar) telah menoreh sejarah menjadi Penguasa dengan kadernya, (Alm) Bubun Bunyamin duduk menjadi Wali Kota Tasikmalaya periode 2002-2007 yang berpasangan dengan Syarif Hidayat sebagai wakilnya yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun, pada akhir kepemimpinan pasangan Bubun Bunyamin-Syarif Hidayat pecah kongsi. Dan akhirnya kedua tokoh tersebut menjadi rival di Pilkada Kota Tasikmalaya tahun 2007.

Syarif Hidayat yang berpasangan dengan Dede Sudrajat yang diusung PAN dan PPP keluar sebagai pemenang mengalahkan Wali Kota petahana Bubun Bunyamin dengan Calon Wakilnya Noves Narayana dengan Partai pengusung Golkar, PKB, PDI Perjuangan.

Baca Juga: Jabatan Wali Kota Tasikmalaya Berakhir 14 November 2022

Akhirnya Syarif Hidayat-Dede Sudrajat dilantik Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya dan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya periode 2007-2012.

Di Pilkada 2012, Syarif Hidayat berganti pasangan dan menggandeng Cecep Bagja Gunawan sebagai Calon Wakilnya dengan partai pengusung PAN, Golkar, Gerindra, dan PDIP.

Sementara Wakil Wali Kota periode 2007-2012, Dede Sudrajat maju bersama Budi Budiman dan posisinya tetap sebagai Calon Wakil Wali Kota yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Baca Juga: Lahir pada 20 Mei 1946, Inilah Sejarah Divisi Siliwangi Tasikmalaya

Serta pasangan calon dari jalur perseorangan yaitu Mumung Marthasasmita dan Taufik Faturohman.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x