Bangga! Bupati Garut Jadi Salah Satu Pembicara Acara Post Summit Event Women 20 Communique di Bali

- 14 November 2022, 20:30 WIB
Bupati Garut saat menjadi salah satu pembicara di W20./Instagram @diskominfogrt
Bupati Garut saat menjadi salah satu pembicara di W20./Instagram @diskominfogrt /

PRIANGANTIMURNEWS - Minggu, 13 November 2022 Bupati Garut, Rudy Gunawan mendapat kesempatan berharga menjadi salah satu pembicara dari acara Post Summit Event Women (W) 20 Communique: Road to G20 Leaders Declaration sebagai salah satu rangkaian acara dari G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

Dengan topik berjudul Rural Women Economic Empowerment Through Creative Economy, Bupati Garut menyampaikan sekilas tentang Kabupaten Garut.

Terkenal dengan julukan kota Swiss Van Java, Garut memiliki penduduk 2,7 juta jiwa dengan 1,4 juta jiwa di antaranya merupakan perempuan.

Baca Juga: Niat Mengelabui Polisi, Gembong Narkoba Uruguay Cetak Kokain dengan Logo Youtube

Dengan jumlah tersebut, Bupati Garut menilai perempuan memiliki kekuatan yang luar biasa untuk perkembangan ekonomi masyarakat Garut.

Meskipun Rudy menuturkan 80% masyarakat Garut bermata pencaharian sebagai petani tetapi banyak terbantu dengan adanya program-program pemerintah. Salah satunya adalah kredit Mekar. Sehingga perempuan-perempuan Garut juga terbantu.

"Saya selaku bupati saat itu dan sekarang menjadi terbesar (dengan transaksi hingga) 800 miliar rupiah (yang didominasi) perempuan mendapatkan akses kredit mekar dan terbesar di Indonesia, dan itu MPL nya hanya 0,7%, semuanya tidak ada yang macet," tuturnya.

Baca Juga: Ultimate Team! Line Up 11 Pemain Termahal di Dunia, Kombo Ganas Haaland dan Mbappe

Ia juga mengatakan dengan bangga bahwa Garut mampu bekerja sama dengan Italia dan pergi ke negara tersebut pada bulan September lalu.

Tentu kerja sama itu adalah hasil kerja keras para pelaku usaha fesyen industri kulit Garut yang kini dipandu oleh Uli Silalahi, sebagai Chairwomen of W20 Indonesia, dan didukung oleh beberapa alumni universitas ternama seperti Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, hingga Universitas Indonesia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @diskominfogrt


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x