Kemendagri Siapkan Langkah Antisipasi Inflasi Tahun 2023 dan Catat Penyebab Inflasi Tahun 2022

- 11 Januari 2023, 11:04 WIB
Data statistik inflasi Tasikmalaya tahun 2022
Data statistik inflasi Tasikmalaya tahun 2022 /tasikmalayakota.bps.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melakukan rapat koordinasi mengenai penanganan inflasi daerah yang dilakukan secara daring, dan diikuti seluruh pemerintah provinsi, Kabupaten dan Kota pada hari Senin, 9 Januari 2023.

Tito Karnavian dalam rapat koordinasi tersebut menyampaikan pada semua perwakilan tiap daerah terkait kondisi dan tantangan ekonomi dalam menghadapi inflasi saat ini yang telah menjadi kewajiban bersama untuk diatasi secara nasional.

“Ya, krisis ini masih berkepanjangan dan berdampak kepada seluruh dunia”, ujar Tito.

Baca Juga: Ketua UMUM PDIP Tak Mau Ungkap Siapa Capres di HUT ke- 50 Partai, Megawati: Urusan Gue

Tito mengungkapkan seluruh negara di dunia mengalami inflasi. Dimana penyebab utama inflasi tersebut adalah dampak dari naiknya harga BBM, ketersediaan energi dan kenaikan harga pangan yang terjadi pada seluruh negara.

Lebih jelasnya yang menyebabkan permasalahan inti inflasi tersebut adalah peristiwa global adalah dampak dari pandemic COVID-19 dan konflik geopolitik di sejumlah negara berimbas pada pangan dan energy, tekanan inflasi globa juga menurut Margo Yuwono, Kepala BPS RI.

Mempersiapkan segala kemungkinan yang ada, Tito menyampaikan langkah bahwa untuk menghadapi inflasi saat tahun 2023 meliputi tiga hal yang penting yang harus dicatat oleh tiap daerah.

Baca Juga: Duel Klasik Persib VS Persija akan Tersaji Sore Ini, GBLA akan Menjadi Lautan Biru

Diantara tiga hal tersebut adalah: fokus monitoring terhadap pengendalian kenaikan harga-harga, memperkuat pengelolaan ketersediaan stok pangan, energi dan memperkuat langkah kerjasama antar daerah.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: ciamiskab.go.id tasikmalayakota.bps.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x