Mengenal Jembatan Cirahong yang Dibangun Tahun 1893 oleh Staatspoorwegen Milik Pemerintah Hindia Belanda

- 15 Januari 2023, 13:27 WIB
Para serdadu Belanda tengah memperbaiki Jembatan Cirahong/
Para serdadu Belanda tengah memperbaiki Jembatan Cirahong/ /

PRIANGANTIMURNEWS- Jembatan Cirahong merupakan jembatan satu-satunya di Indonesia yang memiliki fungsi lalu lintas ganda.

Bagian atas jembatan merupakan rel kereta api kemudian, sejak diperbaiki Juli 2021 tahun lalu, bagian bawah jembatan dapat dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan roda 2 dan pejalan kaki.

Dilansir Priangantimurnews dari Instagram @dailytasik minggu 15 Januari 2023, diketahui Jembatan Cirahong memiliki panjang 202 meter dengan ketinggian sekitar 66 meter, Jembatan ini melintas di atas Sungai Citanduy dan merupakan jembatan penghubung Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Singaparna, Ada Lomba Lato-lato Dadakan Sampai Imbauan Jaga Kebersihan

Jembatan Cirahong adalah salah satu peninggalan Kolonial Belanda saat menjajah Indonesia.

Sejak puluhan tahun silam, jembatan Cirahong ini digunakan sebagai jalur alternatif warga Kabupaten Tasikmalaya menuju Kabupaten Ciamis, begitu pun sebaliknya.

Jembatan dengan rangka besi ini bagian bawahnya dipasang balok-balok kayu sebagai alas jembatan untuk arus lalu lintas kendaraan roda 2 dan pejalan kaki.

Baca Juga: Pertemuan Bupati Cianjur Herman Suherman dengan Aliansi Cugenang Menggugat: Saya Ada untuk Warga Cianjur

Jembatan dengan lebar sekitar 3 meter ini membuat arus lalu lintas yang melintasi bagian bawah harus bergiliran dan antre.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x