Tak Sekedar untuk Sayuran, Ini Manfaat Makan Buncis Bagi Kesehatan

- 9 Desember 2023, 18:30 WIB
Buncis bermanfaat bagi kesehatan.
Buncis bermanfaat bagi kesehatan. /Shopee/

PRIANGANTIMURNEWS - Buncis selama ini hanya dikenal sebagai sayuran belaka. Namun ternyata buncis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buncis merupakan salah sayu sayuran ini kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, flavonol, quercetin, dan kaempferol.

Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Selain itu, sayur berwarna hijau ini cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan hingga ibu hamil.

Baca Juga: Bunuh Empat Anaknya di Jagakarsa Jaksel, Ayah Kandung Terancam Hukuman Mati

Seperti dikutip dari laman Redbook, Sabtu (9/12/2023), berikut manfaat mengonsusi buncis bagi kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan
Konsumsi buncis akan mendapatkan protein yang cukup untuk tubuh karena sayuran ini juga kaya serat. Serat adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Cocok bagi orang yang sedang melakukan program diet untuk menyantap buncis.

Buncis adalah sumber protein dan serat nabati yang sangat baik. Makanan ini meningkatkan rasa kenyang dan mendukung pemeliharaan berat badan, ungkap pakar nutrisi, Frances Largeman-Roth, RDN.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal pada tahun 2014, makan enam ons buncis dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar lima persen. Hal itu mempengaruhi penurunan risiko penyakit kardiovaskular hingga enam persen.

Baca Juga: Geger! Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Tewas di Area Parkir Stasiun KA Cikarang

3. Mengurangi Stres
Menurut pakar nutrisi, Lauren McAlister, RD, buncis adalah sumber magnesium yang baik. Apalagi kandungan mineral buncis dapat mendukung tidur, mengurangi stres, dan menyeimbangkan hormonal.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x