48 Pasien Memilih Tetap di Tenda Darurat, Sisanya Sudah Kembali ke Ruang Perawatan

- 2 Januari 2024, 21:24 WIB
Tenda darurat disiagakan pascagempa di RSUD Sumedang untuk menangani pasien di Kabupaten Sumedang, Jasa Barat. ANTARA/Rubby
Tenda darurat disiagakan pascagempa di RSUD Sumedang untuk menangani pasien di Kabupaten Sumedang, Jasa Barat. ANTARA/Rubby /

PRIANGANTIMURNEWS- Pasien RSUD Sumedang yang sempat dievakuasi akibat gempa bumi yang terjadi pada Minggu 31 Desember 2023 lalu sebagian sudah kembali ke ruang perawatan.

Namun masih ada pasien yang tetap bertahan di tenda darurat. Tentunya dengan fasilitas yang memadai.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman menyatakan dari 153 pasien, ada 48 pasien yang bertahan di tenda darurat, yang lainnya memilih masuk ke ruang perawatan RSUD Sumedang, Jawa Barat, setelah dipastikan kondisi bangunan aman.

Baca Juga: Mengejutkan! Fuji Didiagnose Mengidap Gangguan Mental ADHD

"Kurang lebih ada 48 (orang) ya, 48 orang meminta untuk ada di tenda, lapangan, dan kita fasilitasi dengan catatan tenang," kata Herman saat meninjau daerah terdampak gempa di Kabupaten Sumedang, Selasa.

Herman menuturkan kejadian bencana gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4.8 pada Minggu (31/12) malam membuat pasien di RSUD Sumedang terpaksa harus dievakuasi ke luar gedung dan menempati tenda darurat.

Tercatat pasien yang harus dievakuasi saat terjadi gempa, kata dia, sebanyak 108 orang di tenda darurat depan RSUD, dan 45 orang berada di tenda belakang RSUD.

Baca Juga: Aniaya Relawan Ganjar-Mahfud, Enam Anggota TNI AD Ditetapkan Tersangka

Pemkab Sumedang, kata Herman, sudah menerjunkan tim untuk memeriksa kondisi bangunan RSUD Sumedang, dan juga RSU Pakuwon untuk mengetahui kondisi bangunannya aman atau tidak ditempati kembali oleh pasien.

Dikatakan Herman dari hasil pemeriksaan bangunan RSU Pakuwon kondisinya tidak mengkhawatirkan, sehingga seluruh pasien sudah kembali masuk ke ruang perawatan, sedangkan RSUD Sumedang cukup riskan, terutama tiga bangunan VIP, Paviliun, dan Sakura yang terdapat retak-retak.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x