Sambut Hari Jadi Ciamis, 18 Seni Helaran Tatar Galuh akan Tampil di GEC

- 30 Mei 2024, 20:10 WIB
Bebegik salah satu seni helaran yang bakal digelar pada Galuh Ethnic Carnival (GEC) memeriahkan Har Jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun
Bebegik salah satu seni helaran yang bakal digelar pada Galuh Ethnic Carnival (GEC) memeriahkan Har Jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun /

PRIANGANTIMURNEWS- Memeriahkan hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun 2024 akan digelar berbagai pertunjukan helaran seni.

Rencananya helaran Seni tersebut akan dikemas dalam acara Galuh Ethnic Carnival (GEC). Dalam helaran itu akan ditampilkan 18 Seni Helaran di Tatar Galuh Ciamis, Jawa Barat, dan dua seni Helaran dari luar daerah.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis, Dadang Darmawan, melalui Kabid Kebudayaan, Muharam A Zajuli, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Ciamis akan adanya pelaksanaan Galuh Ethnic Carnival.

Baca Juga: Korban Tabrak Lari, Dua Pegawai DTU Syariah Alami Luka Serius di Wajahnya

Dikatakan Muharam bahwa kegiatan Galuh Ethnic Carnival ini merupakan agenda rutin yang memang sudah direncanakan setiap tahunnya. Tujuannya, tiada lain untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Ciamis. 

Selain itu, kata Muharam dalam pelaksanaannya juga memberikan apresiasi terhadap seni helaran yang ada di Kabupaten Ciamis. Jadi tidak semua kelompok seni bisa hadir, akan tetapi yang spesifik di seni Helaran.

“Selain tujuannya untuk meriahkan Hari Jadi Kabupaten Ciamis, GEC ini juga untuk memberikan apresiasi kepada seni helaran dan memberikan kesempatan tampil,” katanya, Kamis 30 Mei 2029.

Baca Juga: Harga Domba Jelang Kurban, Peternak Domba di Ciamis Kebanjiran Pesanan

Muharam menyebut, dalam kegiatan GEC itu, rencananya akan ada 18 seni Helaran yang sudah tercatat. Kemudian untuk tahun ini juga, ada support dari luar daerah yakni Kabupaten Kuningan dan Kota Banjar.

“Untuk seni Helaran di Kabupaten Kuningan itu seni Kajene. Sedangkan dari Kota Banjar itu seni Kuta Geugeus. Kalau tahun sebelumnya itu dari Jawa Tengah, nah tahun ini masih dari Jawa Barat,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah