Fakta Unik Nama Al-Ahli dan Beberapa Klub yang Menggunakan Nama Tersebut

- 4 Mei 2022, 21:47 WIB
Ilustrasi klub Al-Ahly/Instagram@alahlyegypt
Ilustrasi klub Al-Ahly/Instagram@alahlyegypt /

PRIANGANTIMURNEWS - Salah satu hal yang unik dari tim-tim Arab dan Timur Tengah adalah keberadaan kata Al di depan nama klub mereka.

Meski sebenernya kata selanjutnya yang dipilih merupakan sesuatu yang kita sering lihat di klub sepakbola lain, misalnya seperti Al-Ittihad (United), Al-Nasr (Victory), atau Al-Najma (Star). 


Nah, Al-Ahli adalah salah satunya. Buat yang penasaran ada berapa klub di dunia dengan nama Al-Ahli? Jawabannya adalah 15!

Baca Juga: Karena Ini Pemain Sepak Bola Gampang Cedera Disebut Kaki Kaca, Simak Ulasannya

Namun, jumlah tersebut cuma menghitung klub sepak bola saja. Al-Ahli juga dipakai sebagai nama buat klub basket, tenis, bola tangan, polo air, dan mungkin ada juga klub malam.

Terjemahan dari kata "Al-Ahli" ini sendiri adalah "Nasional". Jadi, nama ini dipakai buat nunjukkin kalau klub tersebut bernapaskan semangat nasionalis.

Ambil contoh Al Ahly SC dari Mesir yang mewakili Afrika (CAF) di Piala Dunia Antarklub 2020 (digelar Februari 2021) setelah mereka juara Liga Champions CAF.

Baca Juga: Karena Ini Pemain Sepak Bola Gampang Cedera Disebut Kaki Kaca, Simak Ulasannya

Klub yang didirikan pada 24 April 1907 di Kairo ini awalnya akan jadi badan buat nampung semangat perjuangan para siswa sekolah akhir.

Pada masa tersebut, Mesir berada dalam pendudukan Inggris. Well, sebenernya sampai sekarang pun, terutama ultras klub ini, emang lekat dengan aktivitas politik.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @box2boxbola


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah