Sudah Bulat Keluar Dari AFF, Kini Indonesia Dapat Lima Keuntungan Hebat!

- 12 Juli 2022, 11:56 WIB
Timnas Indonesia yang dikabarkan kelaur dari AFF U-19 2022.
Timnas Indonesia yang dikabarkan kelaur dari AFF U-19 2022. /Instagram/@pssi/



PRIANGANTIMURNEWS - Lima dampak yang menjadi kerugian AFF dan menjadi keuntungan besar yang bakal didapatkan oleh Indonesia jika nantinya memutuskan untuk keluar dari keanggotaan AFF.

Sebelumnya sosok Shin Tae Young yang merupakan pelatih kelas dunia mengaku begitu kecewa dengan permainan Thailand dan Vietnam apalagi dengan aturan AFF yang tidak bisa dipahami.

Kini Timnas Garuda Muda Indonesia di disanjung-sanjung akan segera keluar dari AFF dan mulai digaungkan oleh suporter Timnas Indonesia.

Seiring kegagalan Timnas Indonesia U-19 menembus semifinal Piala AFF U-19 2022. Regulasi peraturan yang tidak masuk akal sejatinya skuad Timnas Garuda Muda Indonesia U-19 beserta Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin.

Baca Juga: BUBARKAN AFF! Shin Tae Yong Menonton Match Fixing Vietnam dan Thailand, Dianggap Tidak Sportif!

Dari lima pertandingan bahkan skuad Garuda unggul produktivitas dan selisih gol yang sangat banyak dari kedua tim itu namun regulasi AFF yang mengedepankan head to head ketimbang selisih gol.

Pada umumnya otomatis peraturan tersebut menjegal langkah Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 tersebut pun membuat suporter Timnas Indonesia yang mendominasi media sosial dan mencaci maki menganggap AFF tak adil dalam membuat peraturan.

Bahkan karena kegagalan untuk menembus semifinal dan regulasi head to head itu suporter Timnas Indonesia meminta agar Indonesia untuk keluar dari keanggotaan AFF.

Jika benar Indonesia keluar dari AFF setidaknya ada sederet keuntungan besar yang bakal didapatkan di kemudian hari dan kerugian yang didapatkan AFF jika Timnas Indonesia memutuskan keluar dari AFF.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Bangun Tidur Langsung Melihat Hp!

Indonesia akan mendapat keuntungan dari minimnya agenda sepakbola yang mereka ikuti suatu saat nanti sebagaimana diketahui AFF selalu punya agenda yang tidak masuk dalam kalender resmi FIFA.

Bahkan induk sepakbola dunia itu menganggap turnamen yang diselenggarakan oleh AFF hanyalah laga persahabatan semata dengan kata lain jika sampai Timnas Indonesia keluar resmi keluar dari AFF seperti Australia.

Maka Timnas Indonesia tak perlu repot-repot menyiapkan skuad demi mengikuti ajang-ajang AFF seperti piala AFF yang biasa digelar di akhir tahun ini.

Selain itu Timnas Indonesia bisa saja punya waktu berlebih untuk menyiapkan diri untuk ajang resmi dan menghindarkan para pemain dari badai cedera akibat turnamen yang diselenggarakan AFF tersebut.

Baca Juga: UMKM Menopang Produktivitas, Stabilitas Nasional Ditengah Berbagai Tantangan Global

Contohnya adalah seperti Marcelino Ferdinand yang harus cedera di Piala AFF U-19, padahal dalam waktu dekat ini Timnas Indonesia U-19 akan bertanding di kualifikasi piala Asia U-22 merupakan ajang resmi dibawah naungan AFC.

Jika keluar dari AFF, Timnas Indonesia otomatis hanya akan tercatat sebagai negara yang ada di bawah keanggotaan AFC. Kini AFF mengaku pusing dan takut terkena dampak jika Indonesia sampai keluar dari keanggotaan AFF dan mengikuti jejak Australia.

Panitia ajang AFF meyakini jika Indonesia keluar maka AFF akan langsung meredup tanpa adanya Indonesia. Selain AFF akan meredup mereka juga akan dirugikan dengan masalah finansial dimana diketahui jika Indonesia adalah salah satu negara yang kuat menjadi sponsor AFF.

Tak hanya sampai disitu bahkan jika sampai Indonesia resmi keluar maka pasti sponsor dari luar akan kabur meninggalkan mereka karena sepinya AFF.

Baca Juga: Seluruh Pegawai Lapas Kelas ll B Tasikmalaya Dites Urine, Ini Hasilnya

Pendapatan dari hak siaran juga tentu akan merosot dengan tajam jika Indonesia sampai keluar. Menurut data di Piala AFF U-19 kemarin dari data yang dikumpulkan dari penayangan siaran di grup B yang mana ada Malaysia, siaran streamingnya hanya menembus 25 ribu penonton.

Sedangkan di grup A yang menempatkan Indonesia live streamingnya mencapai 10 juta penonton dan bayangkan sendiri bagaimana efek AFF kalau Indonesia sampai keluar namun keuntungan tersendiri jadi Timnas Indonesia jika sampai keluar dari keanggotaan AFF.

Hal ini membuat Timnas Indonesia bisa fokus dalam melakoni turnamen resmi di bawah AFC yang juga resmi di mata FIFA bertanding di ajang buatan AFC otomatis akan menjadi suntikan tambahan lagi bagi Timnas Indonesia yang ini menambah kualitas dan pengalaman bisa bertanding melawan Tim tangguh di Asia.

Dengan keluarnya dari AFF Timnas Indonesia bisa fokus ke ranah AFC atau Asia dan berkesempatan untuk menghadapi tim-tim kuat dari Benua yang lainnya.

Baca Juga: Menparekraf Terus berupaya Memulihkan Ekonomi dan Memastikan Target 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Selama ini Timnas Indonesia lebih kerap bertemu negara-negara AFF atau kawasan Asia Tenggara saja sehingga level permainan Timnas Indonesia tak mengalami perubahan signifikan.

Jika keluar dari AFF Timnas Indonesia pun bisa dipaksa mencari lawan-lawan yang berada diluar Asia Tenggara dan berpotensi menghadapi tim-tim kuat dari Asia lainnya.***                                              

Editor: Sri Hastuti

Sumber: youtube Auto Intip Timnas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah