Merinding! Beginilah Aksi Damai Viking The Jakmania Bonek dan Aremania!

- 5 Oktober 2022, 06:09 WIB
Diduga para suporter dari masing-masing klub damai.
Diduga para suporter dari masing-masing klub damai. /YouTube/Berita persib/



PRIANGANTIMURNEWS - Antusias rencana doa bersama Bobotoh, The Jakmania, Aremania dan Bonek di Malang tagar sepakat damai.

Menghiasi dan menjadi trending topik di berbagai akun media sosial. Fenomena tersebut muncul menyusul masifnya aksi penyampaian rasa empati dan duka cita yang dilakukan oleh berbagai kelompok suporter sepak bola di berbagai wilayah di Indonesia.

Akhir-akhir ini termasuk Bobotoh Persib atas tragedi pilu yang terjadi di Stadion Kanjuruhan akhir pekan lalu di sejumlah akun media sosial yang ditandai tagar tersebut muncul pesan-pesan bernada ajakan persatuan dan menyuarakan perdamaian antar suporter sepak bola Indonesia.

Pesan-pesan itu disampaikan melalui kata atau gambar baik oleh akun-akun yang dikelola secara individu maupun kelompok.

Baca Juga: Efek Ttagedi di Kanjuruhan Malang, Bos Persib Teddy Tjahjono Trending!

Bahkan terdapat beberapa akun pribadi para suporter yang menyatakan tak akan lagi melontarkan caci maki terhadap klub dan para kelompok pendukungnya yang selama ini dianggap pesaing dari klub kesayangannya.

Menanggapi hal tersebut raja Viking Persib Club Heru Joko mengaku bersyukur bahwa ada hikmah yang bisa didapat bagi semua pihak dari peristiwa duka yang terjadi di Kanjuruhan kemarin.

Dengan munculnya semangat perdamaian dan persaudaraan antar suporter sepakbola Indonesia tentu ini adalah hal positif yang harus kita syukuri dukung dan mewujudkan bersama, ungkap Heru Joko.

Lanjutnya, apalagi alhamdulillahnya yang mendukung dan menginginkan adanya perdamaian itu antar suporter banyak ya makanya jadi trending topik juga. Pastinya saya senang dengan adanya semangat positif ini ujar Heru Joko.

Baca Juga: Pelatih Persija Malu Lawan Persib Bandung Usai Dapat Perlakukan Seperti Ini!

Menurutnya dengan adanya hikmah yang diberikan tuhan atas setiap kejadian termasuk peristiwa di Kanjuruhan kemarin ia berharap para suporter dapat bersaudara dengan suporter lainnya.

Menurut Heru Joko, rivalitas harusnya hanya ada dalam 90 menit pertandingan di atas lapangan selebihnya di luar Lapangan.

Heru Joko menuturkan jika semua suporter di Indonesia berdamai dan menjadi saudara pertandingan sepak bola akan menjadi sebuah hiburan yang aman nyaman dan menyenangkan bagi semua golongan masyarakat.

Sebab setiap suporter manapun dapat dengan tenang memberikan dukungan bagi tim kesayangan dan kebanggaannya dimanapun laga digelar.

Baca Juga: RESMI!! PSSI Langsung Rilis Jadwal Baru Laga Persib Bandung vs Persija!? Cek Faktanya

Semangat perdamaian ini harus didukung dan disebarkan bahkan saya juga melihat beberapa kelompok suporter yang ada di wilayah perbatasan yang katanya susah akur sekarang sudah mulai sepakat untuk damai tanpa komando dari manapun juga.

Kesepakatan damai itu hadir dari hati nurani dan kesadaran mereka yang mau dan bisa melakukan itu ucap Heru Joko.

Meskipun menjelaskan bahwa keinginan damai antara Bobotoh dan The Jakmania sudah lama menjadi harapan bersama dari komunitas masing-masing.

Namun situasi tersebut belum sepenuhnya disepakati oleh semua pihak tapi intinya inisiatif dari masyarakat dan hikmah dari kejadian kemarin mudah-mudahan mendapatkan hasil yang bagus.

Baca Juga: Jadwal Baru Liga 1 Pekan ke 11 Persib Bandung vs Persija!? Cek Faktanya

Bukan saja bagi kita Viking dan The Jakmania tapi juga bagi seluruh suporter Indonesia ujar Heru Joko.

Heru Joko pun mengaku atas dasar kemanusiaan pihaknya bersama The Jackmania tengah merumuskan rencana untuk menggelar doa bersama bagi para korban tragedi Kanjuruhan di Malang.

Bahkan rencana tersebut akan diikuti juga oleh Aremania dan Bonek ia menegaskan akan bergerak cepat dengan semangat dan senang hati untuk terus menggelorakan semangat kebersamaan dan perdamaian.

Terlebih ia dan Ferry Indras dari Bobotoh, The Jakmania berteman sejak lama dan bersama-sama terus mengupayakan untuk mewujudkan suasana sejuk bagi situasi antara Bobotoh dan The Jakmania.

Baca Juga: Mengejutkan! DPRD Kuningan Prediksikan Pertandingan Persija vs Persib Bandung! Ungkap Begini!

Maka apapun ajakan untuk kebaikan kami akan berangkat ke Malang bertemu dengan para Pentolan Teja Aremania dan Bonek.

Heru Joko pun berharap para korban rivalitas kelompok suporter harus menjadi cerminan bagi semua pihak untuk mulai mengubah pola pikir dalam mewujudkan atmosfer persepakbolaan Indonesia yang lebih baik.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Youtube Berita Persib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x