Yuk Mengenal Sistem Pemilu

- 27 Desember 2021, 21:53 WIB
Sistem pemilu.
Sistem pemilu. /Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS– Sistem Pemilu merupakan permasalahan pertama dalam melaksanakan pemilihan umum legislatif, karena sistem pemilu akan sangat berpengaruh dengan tahapan dan pelaksanaan pemilu selanjutnya.

Begitu juga Sistem Pemilu akan menentukan demokratis dan tidaknya pemilu dilaksanakan.Setiap sistem pemilu didasarkan pada nilai-nilai tertentu, dan masing-masing memiliki beberapa keuntungan dan kerugian.

Sebenarnya tidak ada Sistem Pemilu ideal yang cocok di negara manapun, tetapi semua sistem itu memang mempunyai satu hal yang sama yaitu suatu proses pengembangan atau reformasi sistem pemilu agar pemilu mempunyai legitimasi dan demokratis.

Baca Juga: Yang Harus Diketahui Mengenal Definisi Pemilu

Berikut adalah Sistem Pemilu, diantaranya:

1) Sistem Distrik

Sistem distrik merupakan sistem menurut historisnya yang tertua dan didasarkan atas kesatuan geografis yang disebut distrik.

Untuk keperluan pemilihan wilayah suatu negara dibagi dalam banyak distrik, dan jumlah wakil rakyat sesuai dengan jumlah distrik.

Calon yang mendapat suara terbanyak dalam suatu distrik itulah pemenangnya, sedangkan calon yang kalah dianggap hilang dan tidak diperhitungkan lagi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: buku Pemilu Sebagai Praktek Ketatanegaraan, (Sodikin)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah