Capres Ganjar Sebut KSS Sangat Penting Hadapi Negara Maju

- 10 Januari 2024, 10:00 WIB
Ganjar Sorot Kerjasama Selatan-Selatan, Ungkit Larangan Ekspor yang Digugat.
Ganjar Sorot Kerjasama Selatan-Selatan, Ungkit Larangan Ekspor yang Digugat. /Instagram/@tpnganjarmahfud/

PRIANGANTIMURNEWS - Debat Calon Presiden yang ke tiga kalinya selain telah menarik perhatian publik juga banyak memberikan peluang gagasan yang dapat dijadikan catatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dari gagasan yang di sampaikan ketiga Calon Presiden dalam debat salah satunya yang di sampaikan Calon Presiden Nomor urut tiga Ganjar Pranowo sangat menyita perhatian soal gagasan Kerjasama Selatan Selatan (KSS).

Sehingga salah satu topik yang mengemuka dalam debat ketiga Presiden dan Wakil Presiden terkait Kerjasama Selatan-Selatan (KSS). Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 menegaskan bahwa kerjasama Selatan-Selatan sangat penting ketika berhadapan dengan negara maju.

Baca Juga: Peduli Wong Cilik Capres Ganjar Bakal Perkuat Bansos Jika Jadi Presiden

Hal ini terbukti ketika kebijakan larangan ekspor nikel Indonesia dipersoalkan Uni Eropa melalui World Trade Organization (WTO). 

Ganjar menegaskan, negara-negara di Selatan punya kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia punya potensi yang hebat, karena memiliki sumber daya alam yang sama melimpah.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menyebutkan, dengan sumber daya alam tersebut, Indonesia bisa bekerja sama dengan negara-negara Selatan dalam hal teknologi baterai. 

Baca Juga: Pengamat Ganjar Dalam Debat Capres ke 3 Kualitas Ganjar Unggul

"Nikel kita miliki. Bauksit juga kita punya, kita bisa share dengan yang lain. Ada juga ltihium, umpamanya (kerjasama) dengan Argentina," kata Capres Ganjar Pranowo Rabu 10 Januari 2024.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x