Pengamat Ganjar Dalam Debat Capres ke 3 Kualitas Ganjar Unggul

- 8 Januari 2024, 14:51 WIB
Pengamat: Ganjar Pemenang Debat Ketiga, Faktor Prabowo Tiga Kali Setuju
Pengamat: Ganjar Pemenang Debat Ketiga, Faktor Prabowo Tiga Kali Setuju /

PRIANGANTIMURNEWS - Dalam debat Calon Presiden dan Wakil Presiden yang ke tiga kali antara pasangan calon nomor urut dua Prabowo Gibran dan nomor urut tiga Ganjar dan Mahfud ada poin pandangan yang sama.

Dari dua pasangan ini saling memberikan support tidak saling menyerang atau menjatuhkan, sepertinya ada ksamaan dalam pandangan yang dilakukan kedua pasangan Prabowo Gibran dan Ganjar Mahfud.

Pandangan Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 yang disetujui tiga kali oleh Prabowo Subianto dalam debat ketiga capres menunjukkan kualitas Ganjar dalam memimpin negara, terutama terhadap tema utama pertahanan keamanan yang seharusnya dikuasai Prabowo.

Baca Juga: Mengungkap Sisi Menakutkan Dan Sulit Dikendalikan Dari Beberapa Weton Menurut Primbon Jawa

“Kunci kemenangan Ganjar pada debat ketiga kali ini adalah pandangan yang disetujui dan didukung penuh oleh Prabowo berkali-kali di tengan kepungan serangan Anis Baswedan kepada Prabowo,” ujar Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing di Jakarta, Senin 8 Januari 2024.

Emrus mengatakan, tenaga, pikiran dan waktu Prabowo terpecah dalam perdebatan tersebut, sehingga tidak dapat memanfaatkan waktu dan pikiran secara maksimal untuk menyampaikan gagasan barunya. Hal itu sangat merugikan Prabowo dalam perdebatan ini.

Dari aspek komunikasi, Ganjar menjadi pemimpin komunikasi dalam perdebatan tersebut dengan argumentasi yang disetujui Prabowo dan sikap yang ikut mengkritisi berbagai kebijakan pertahanan dan keamanan untuk Indonesia lebih baik.

Baca Juga: Jenis Tindak Pidana dalam Pemilu Berdasarkan Undang Undang

Sementara Anies lebih fokus "menyerang" Prabowo mulai dari kepemilikan tanah hingga alutsista bekas. Prabowo pun terpancing meresponnya sehinga Prabowo menjadi "ekor" komunikasi.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x