Babancong Jadi Maskot untuk Pilkada 2024 Garut, Ini Penjelasan KPU Garut

- 2 Juni 2024, 20:29 WIB
Babancong Maskot Pikada Garut. KPU Kabupaten Garut meluncurkan maskot Babancong untuk Pilkada Garut di Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (2/6/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Garut
Babancong Maskot Pikada Garut. KPU Kabupaten Garut meluncurkan maskot Babancong untuk Pilkada Garut di Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (2/6/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Garut /

PRIANGANTIMURNEWS - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Garut akan segera digelar beberapa bulan lagi.

Kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, sedang mempersiapkan tahapan Pilkada. Salah satunya membuat maskot Pilkada.

KPU telah meluncurkan maskot Babancong, sebuah bangunan peninggalan zaman kolonial yang menjadi ciri khas Garut pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Baca Juga: Unik, Air Situ Leutik Kota Banjar Tak Pernah Meski Musim Kemarau, Ternyata Ini Sumber Mata Airnya


Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanuddin mengatakan, KPU telah meluncurkan maskot Pilkada 2024. Maskot tersebut merupakan hasil sayembara yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian juri berdasarkan laporan kepada kami, kurang lebih ada 50 peserta yang ikut sayembara, dan terpilih babancong kembali untuk maskot Pilkada 2024," kata Dian Hasanuddin saat peluncuran maskot bersamaan dengan lagu Pilkada Garut di Cipanas Garut, Minggu 2 Juni 2024.

Dikatakan Dian sebelumnya, KPU menggelar sayembara secara terbuka maskot dan lagu untuk Pilkada Garut. Dalam sayembara itu terpilih berdasarkan penilaian juri adalah babancong sebagai bangunan khas di Alun-Alun Garut.

Baca Juga: Meresahkan Masyarakat, Geng Motor BSC Dibubarkan

Alasannya babancong sebagai maskot Pilkada Garut itu kata Dian karena memiliki orisinalitas, filosofi, dan memiliki nilai kedaerahan Garut yang semuanya tidak ada intervensi KPU, tetapi murni penilaian juri.

"Kami ingin maskot itu jadi ciri dan tanda kaitan dengan pilkada di Garut, terlebih babancong ini bangunan yang spesifik untuk pemimpin di Garut memberikan arahan dan pandangan untuk masyarakat Garut," katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah