Batuan Bulan Ditemukan Ilmuwan China Sebesar 1,8 Kg

- 20 Desember 2020, 20:50 WIB
Ilmuan asal China saat menemukan batuan bulan
Ilmuan asal China saat menemukan batuan bulan /Pikiran Rakyat/PRIANGANTIMURNEWS AGUS

PRIANGANTIMURNEWS- Batuan Bulan sebesar 1,8 Kg ditemukan oleh ilmuwan China. Mereka mengatakan bahwa telah membawa sampel bulan ke bumi dari misi Chang'e-5.

Batuan Bulan yang diperkirakan seberat 1,73 kg (3,8 lbs) ilmuwan China mengatakan dikumpulkan hampir selama 23 hari perjalanan yang dipindahkan ke laborstorium pertama sebagai sampel di National Astronomical Observatories (NAO), sebuah badan di Beijing di bawah akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS).

Baca Juga: Asuransi Kresna LifeTunda Pembayaran Utang, Nasabah Kecewa

Dilansir Priangan Timur News dari Pikiran-rakyat.com dengan artikel yang berjudul 'Ilmuwan China Berhasil Dapatkan 1,8 Kg Batuan Bulan, AS Berharap Dapat Kebagian Sampel'

Fasilitas ini akan memungkinkan penyimpanan sampel jangka panjang di lingkungan nitrogen dengan kemurnian tinggi dan memastikan tidak ada kontaminasi atau efek kimiawi selama proses penelitian.

"Penelitian ini tidak hanya membantu umat manusia memahami karakteristik fundamental Bulan, tetapi juga akan memberikan dasar bagi mesin bulan, pakaian antariksa astronot, dan area pendaratan untuk misi survei di masa mendatang," kata NAO, seperti dikutip dari SCMP.

Upacara penyerahan sampel Bulan itu kepada CAS diadakan pada Sabtu, 19 Desember 2020 waktu China.

'Wakil Perdana Menteri China Liu He, yang menghadiri acara tersebut, memuji misi Chang'e 5 sebagai 'tonggak penting dalam perjalanan untuk menjadi kekuatan luar angkasa'.

"Kita perlu mempertahankan tingkat urgensi yang tinggi, mempercepat langkah inovasi kita sendiri dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengembangan, memperhatikan dengan cermat pelatihan bakat dan memperdalam pertukaran dan kerja sama internasional," katanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah