5 Arsitektur Bangunan yang Bersejarah dan Menawan di Indonesia

- 22 Februari 2021, 18:23 WIB
Candi Borobudur.
Candi Borobudur. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Membahas mengenai bangunan yang bersejarah, Sebagian masyarakat Indonesia pastilah membayangkan Candi Borobudur dan Prambanan yang menjadi primadonyanya.

Padahal masih banyak bangunan Indonesia yang masih menawan selain dari zaman Hindu- Buddha. Dalam kurun waktu lebih dari 4 abad, zaman kolonial juga menorehkan banyak karya arsitektur Indonesia. Dari perpaduan unsur budaya seperti ras, bangsa, dan agama.

Yang mewariskan arsitektur bangunan bersejarah yang menawan dan memberi arti penting dalam perkembangan arsitektur tanah air.

Baca Juga: Ini 10 Bagian Terenak Daging Sapi dan Cara Mudah Pengolahannya

Deklarasi pada karya arsiktektur tersebut menciptakan bangunan bersejarah yang menawan di Indonesia, yang diakui secara luas, dan tidak hancur oleh waktu.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur terdapat di Magelang Jawa Tengah, bangunan ini didirikan pada masa Raja Samaratungga dari wangsa Syailendra pada tahun 825 M. Candi ini telah di akui UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia, candi ini memiliki tinggi 42 M.
Candi Borobudur dibangun dengan Teknik tinggi, terbuat dari batukali yang tersusun rapih dengan system interlock (saling mengunci satu sama lain)

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan terdapat di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan lekat dengan legenda Roro Jonggrang. Candi yang dikenal sebagai kompleks seribu candi, candi utama setinggi 47 M sebagai.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x