Boros Kuota Ketika Ngezoom? Inilah Cara Mudah Menghemat Kuota Internet saat Gunakan Zoom Online

- 8 Maret 2021, 17:33 WIB
Ilustrasi Zoom Online.
Ilustrasi Zoom Online. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Adanya pandemi Covid-19 membuat sistem pembelajaran baik sekolah maupun kampus menerapkan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (Daring)

Sekolah pun kini mulai menerapkan kebiasaan baru dengan menggelar kelas online dalam setiap harinya. Beberapa aplikasi online meeting pun sangat dibutuhkan untuk menunjang kebiasaan baru tersebut, seperti Zoom misalnya.

Agar kuota internet tak cepat habis karena terlalu sering melakukan daring dengan Zoom, berikut ini Priangantimurnews rangkum tips hemat kuota saat menggunakan zoom seperti yang dilansir Nextren.com.

Baca Juga: Lirik dan Kunci Gitar Lagu Ketulusan Cintaku Vidi Aldiano

1. Jangan kualitas video HD
Pengguna Zoom bisa bisa menghemat kuota internet apabila tidak memilih kualitas video HD. Anda bisa melakukan pengaturan video di menu 'Settings'. Kemudian pilih opsi 'Video', lalu di bagian 'My Video' pilih opsi 'Enable HD'. Pengaturan centang tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa akun Zoom tidak akan secara otomatis menampilkan kualitas video HD.

2. Matikan Mic saat tak bicara
Matikan mic jika sedang tidak digunakan selama kelas/webinar berlangsung. Caranya bisa dengan menekan logo microphone yang berada dipojik kiri layar. Atau kita juga bisa mengaturnya secara otomatis untuk mematikan mic setiap kali akan masuk meeting room.

3. Tak gunakan fitru share screen
Jika fitur ini tak terlalu dibutuhkan maka jangan diterapkan saat sedang belajar online. Jika fitur ini selalu digunakan dari awal sampai akhir pertemuan maka kuota kita akan jebol lebih cepat. Gunakan fitur ini sewajarnya saja.

Baca Juga: Jelang Ramadhan 2021, Jabar Alami Defisit Bawang Putih dan Berencana Impor Dari China

4. Matikan kamera saat tak dibutuhkan
Saat sedang tak diwajibkan mengaktifkan kamera, maka sebaiknya matikan saja. Dengan begitu, kuota internet akan irit. Cara mematikan kamera Zoom bisa dengan mengetuk logo kamera yang muncul di layar smartphone. Tapi juga bisa dengan cara mematikan ketika akan masuk meeting room dengan memilih 'Turn Off Camera'.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x