Tujuh Elemen Dasar Desain Grafis yang Wajib Kalian Pahami

- 29 Maret 2022, 20:03 WIB
Ilustrasi Warna Pada Desain Grafis/pexels
Ilustrasi Warna Pada Desain Grafis/pexels /

PRIANGANTIMURNEWS - Elemen dasar desain merupakan salah satu hal yang perlu dipahami bagi kita yang akan mulai menekuni dunia desain grafis. Lalu apa saja sih elemen pada desain grafis?

Simak berikut ini mengenai 7 elemen pada desain grafis yang wajib kalian ketahui.

1. Garis
Garis atau Line adalah unsur penting yang ada dalam sebuah desain. Garis menghubungkan dua titik atau antara satu titik dengan titik lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Tiga Tebusan bagi Orang Yang Membatalkan Puasa karena Dosa Besar

Dari penghubungan titik-titik tersebut sehingga terwujudlah sebuah garis dengan bermacam-macam bentuk, yaitu garis lurus atau straight, garis lengkung, atau curve, garis horizontal, garis vertikal, garis patah-patah, dan garis berombak.

2. Bentuk
Bentuk dapat dikatakan elemen setelah adanya garis. Maksudnya adalah bentuk merupakan seperangkat atau gabungan dari garis-garis yang ditempatkan secara saling berdekatan.

Bentuk memiliki diameter, tinggi, dan lebar, yang masing-masingnya dapat diukur secara matematis. Dilihat dari sifatnya bentuk dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu simbol, huruf, dan bentuk nyata atau form.

Baca Juga: Link Live Streaming, Prediksi Skor Ecuador vs Argentina: Kualifikasi Piala Dunia 2022

3. Tipografi
Penggunaan tulisan, teks, ataupun tipografi dalam sebuah Desain grafis adalah hal yang menjadi elemen pendukung yang cukup penting. Tulisan-tulisan dalam desain disusun sedemikian rupa agar mempermudah saat dibaca akan tetapi dalam penyusunannya juga harus tetap diperhatikan nilai-nilai estetikanya.

4. Size
Seperti yang sudah kita ketahui, ukuran adalah perbandingan besar atau kecil suatu objek, benda ataupun suatu hal. Ukuran yang di maksud disini adalah lebih mengarah pada proporsi atau perbandingan kuran antara elemen dengan elemen lain dan dengan bagian desain lainnya secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: instgram @manda_arya07


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x