Superkomputer Fugaku: Komputer Tercepat di Dunia Berteknologi AI untuk Pemodelan dan Riset

- 16 Juni 2023, 08:30 WIB
 Superkomputer Fugaku merupakan komputer tercepat di Dunia yang sangat membantu dalam pemodelan, prediksi atau riset./ r-ccs.riken.jp
Superkomputer Fugaku merupakan komputer tercepat di Dunia yang sangat membantu dalam pemodelan, prediksi atau riset./ r-ccs.riken.jp /

PRIANGANTIMURNEWS - Superkomputer Fugaku asal Jepang menjadi komputer tercepat di Dunia dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk pemodelan, riset dan prediksi.

Fugaku yang memiliki arti Gunung Fuji dalam bahasa Jepang terbukti sangat berpengaruh dan membantu pemodelan dan riset Pandemi Covid-19 di Jepang beberapa tahun lalu.

Bukan hanya menjadi yang tercepat di Dunia, tapi juga menjadi komputer paling kuat di Dunia. Diakui oleh Dunia dalam TOP500 Superkomputer sejak Senin, 22 Juni 2020 lalu.

Baca Juga: Ditangan Kreativitas Brillian Fairiandi Teknologi 'Artificial Intelegence ' Hasilkan Karya Memukau!

Superkoputer Fugaku berteknologi AI buatan pusat riset ilmiah Jepang (Riken) dan Fujitsu Ltd di Kobe, berhasil mengalahkan Suprkomputer Summit, buatan Amerika Serikat (AS).

Superkomputer ini memiliki teknologi chip yang dipasok oleh Arm Ltd yang berpusat di Inggris. Tetapi Propertinya dimiliki oleh Softbank Group Corp, Jepang.

Memiliki kecepatan 415,6 petaflops. Sekitar 2,8 kali lipat lebih cepat dari Superkomputer Summit yang hanya memiliki kecepatan 148,6 petaflops.

Baca Juga: AMAZING!! Inovasi Teknologi Wuling China Patahkan Monopoli AS!

Memiliki performa kalkulasi per detik hingga 15 nol di belakang digit. Superkomputer Fugaku punya kecepatan 1000 kali lipat dari komputer normal.

Pernyataan tersebut tentang Superkomputer buatan Jepang tersebut disampaikan lebih lanjut oleh direktur RIKEN, Satoshi Matsuoka melalui Twitter resminya @ProfMatsuoka.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: DW.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x