Tak Banyak Yang Tahu, Gunung Lawu Ternyata Jadi Tempat Favorit Soeharto untuk Bersemedi

- 22 Mei 2022, 20:08 WIB
Gunung Lawu adalah salah satu tempat favorit Soeharto untuk bersemedi.
Gunung Lawu adalah salah satu tempat favorit Soeharto untuk bersemedi. /

PRIANGANTIMURNEWS- Ritual mistis yang selalu dijalani Presiden Republik Indonesia kedua, Soeharto adalah bersemedi atau bertapa di tempat-tempat keramat atau wangsit. 

Seorang sumber yang pernah mendampingi Soeharto melakukan laku mistis mengungkapkan, Gunung Lawu menjadi tempat favorit Soeharto untuk bersemedi.

Gunung Lawu memang merupakan salah satu pusat kekuatan mistik di Jawa. Selain Lawu,tempat favorit Soeharto bersemedi adalah tempat keramat di Gunung Srandil, Dieng, danau Pacitan, dan sebuah gua di Cilacap.

Baca Juga: Jelang Tanding Chelsea vs Watford: Pradiksi Skor, Head to Head dan Link Streaming Gratis!

Paranormal Permadi, Adjikosoemo, dan sejarawan M.T Arifin membenarkan bahwa tempat-tempat itu merupakan tempat yang sering dipakai Soeharto untuk bersemedi.

Tak hanya bertapa di tempat keramat, Soeharto juga sering melakukan ritual berendam dalam air, atau yang dalam kepercayaan Jawa disebut tapa kungkum. 

Tapa kungkum dilakukan Soeharto sejak muda, bahkan hingga menjabat Presiden. Tempat-tempat yang sering digunakan kungkum Soeharto adalah petilasan Panembahan Senopati di Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri.

Baca Juga: Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum: PPIH Harus Layani Jamaah Haji Dengan Baik

Pelaku kebatinan yang cukup akrab dengan almarhumah, Ibu Tien Soeharto menuturkan, tempat tersebut sering dikunjungi Soeharto sejak muda hingga menjelang menjabat Presiden.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Buku Jagat Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x