Historical Tourism Destination Bukit Lembah Putri Pangandaran

- 22 November 2020, 09:08 WIB
alan tangga yang mirip tembok cina menuju bukit lembah putri.
alan tangga yang mirip tembok cina menuju bukit lembah putri. /Inframe : Ridwan Nugraha/
PRIANGANTIMURNEWS-
Pariwisata Pangandaran memang cukup beragam. Keindahan, budaya dan sejarah terkandung lekat didalamnya. Bukit Lembah Putri miliki nilai histori yang tinggi.
 
Obyek wisata Lembah Putri berada di Desa Puterapinggan, Kecamatan Kalipucang, kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jarak tempuh 13km sebelum Pangandaran dan setelah pantai karang Nini berjarak 5km.
 
Lembah Putri memiliki bukit seluas kurang lebih 5 hektar. Bukit yang bisa melihat pemandangan langsung cakrawala Samudera Hindia tepat dari atas bukit.
 
 
Selain itu, ada nilai sejarah yang menarik yakni, miniatur tembok China dan Goa Ronggeng.
 
Keajaiban Dunia Tembok China 
 
Pantai Pangandaran yang eksotis, dibalik keindahannya. Disisi lain terdapat hal unik dari destinasi satu ini, yaitu miniatur Tembok China yang berdiri di atas bukit. 
 
Nampaknya, miniatur Tembok China dibuat untuk menjadi trademark, dibuat dari batu alam berwarna hitam kecoklatan dengan tinggi 1 meter. Memiliki jarak antara batu yang lebar. Sehingga keunikannya begitu mencolok.
 
Ruang Bersejarah Goa Ronggeng
 
Lembah Putri Pangandaran disekitarannya terdapat sebuah bukit dan goa yang diberi nama Goa Ronggeng. Masyarakat Pangandaran tentunya sudah tidak asing lagi dengan tarian ronggeng, apalagi harus dilakukan oleh banyak orang. Dengan ragam filosofis dan keunikan gerakannya.
 
Menurut warga setempat, konon katanya saat malam tertentu sering terdengar suara menyerupai musik gamelan ronggeng yang biasanya digunakan pengiring tari.
 
Goa tersebut erat kaitannya dan berhubungan dengan cerita Dewi Rengganis. Beliau sering merayakan kesenian Ronggeng Gunung, yaitu sebagai salah satu kesenian asli daerah Pangandaran.
 
Masih banyak catatan sejarah yang melekat dengan budaya Pangandaran. Lembah putri sebagai Historical Tourism Destination banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun nasional.
 
Banyak wisatawan Pangandaran yang menggunakannya sebagai lokasi prewedding. Lokasinya yang masih asli hutan. Membuat background foto menjadi lebih nature. 
 
Adapun yang sengaja untuk sekedar melampiaskan penasaran akan nilai sejarah yang terkandung.
 
Spot foto berlatar belakang samudera Hindia tersebut memang sudah menjadi paling hitz dari berbagai foto yang beredar di sosial media.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x