Legenda Gunung Rinjani Lombok, dan Kisah Dua Putra Kembar Dewi Mas

- 28 Februari 2022, 13:45 WIB
 Panorama Gunung Rinjani di Lombok
Panorama Gunung Rinjani di Lombok /Instagram @joangabriele /

PRIANGANTIMURNEWS - Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3726 meter diatas permukaan laut gunung yang menjadi salah satu gunung api terindah di Indonesia ini terletak di pulau Lombok.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari Youtube Dongeng Kita, Gunung Rinjani berada di bawah empat Kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Utara.

Sebagaimana cerita Nusantara lainnya Gunung Rinjani juga memiliki legenda tersendiri.

Baca Juga: Paris Fernandes 'Salam dari Binjai' Taklukan Atlet Muaythai Medali Emas PON Papua

Dahulu kala di Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat terdapat kerajaan Tuan yang dipimpin seorang raja bernama Raja Datu.

Raja Datu Tuan memimpin kerajaan hingga rakyatnya hidup makmur dan bahagia, namun Raja Datu Tuan sendiri sering bersedih hati, sudah lama Raja Datu Tuan hidup bersama permaisuri Dewi Mas hingga usia mereka tua,

Akan tetapi mereka belum juga memiliki anak siapa yang akan meneruskan tahta kerajaan jika mereka tidak memiliki anak istriku,

“Aku mohon maaf jika ini menyakiti hatimu Bolehkah aku meminta satu permintaan padamu” ujarnya.

Baca Juga: Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kabupaten Kediri Jawa Timur

“tentu saja Raja Datu Tuan suamiku katakan saja” “kita sudah lama menikah tapi belum juga memiliki anak aku hawatir kerajaan ini tidak memiliki pewaris penerus kerajaan,”

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Dongeng Kita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x