Terungkap Candi Kidal, Dari Pembunuhan Anusapati Hingga Meramalkan Kemerdekaan Indonesia

- 1 Maret 2022, 19:02 WIB
Candi Kidal.
Candi Kidal. /Instagram @marikemalang/

PRIANGANTIMURNEWS- Lebih dari setengah milenium yang lalu Seorang raja dibunuh di tanah Jawa dan insiden tersebut menyebabkan dibangunnya sebuah candi yang secara ajaib meramalkan kemerdekaan Indonesia Layaknya Nostradamus.

Di Indonesia, di Kabupaten Malang, candi ini dibangun, kira-kira bersamaan dengan saat Eropa masih diteror kekejaman Mongol di bawah Ogadai Khan.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari Youtube ASISI Channel, Sabung ayam adalah hiburan yang sangat digemari di Jawa Kuno Mulai dari rakyat jelata hingga kaum bangsawan Tersebutlah seorang pangeran bernama Tohjaya.

Baca Juga: JELANG PENANGKAPAN KASUS SUBANG, Yosef Didatangi Penyidik dari Polsek Jalancagak di Rumahnya, Ada Apa Ya?

Ia mengajak saudara tirinya untuk beradu sabung ayam Ia tahu betul, saudara tirinya yang sedang bertakhta sebagai raja penghobi sabung ayam Tohjaya,

Putra kandung Sri Rangga Rajasa, sang pendiri wangsa Rajasa, juga tahu siapa pembunuh ayahnya Dialah lawan tandingnya Kali ini.

Raja Anusapati Saat kesempatan itu tiba, ditikamnya sang raja hingga tewas Menurut pemberitaan Kitab Pararaton, insiden itu terjadi pada tahun 1249 Kitab Negarakertagama, di sisi lain, tidak mencatat peristiwa pembunuhan terhadap Anusapati.

Namun, tidak menyebutkan bukan berarti menyangkal Negarakertagama sekadar menerangkan bahwa ketika Bathara Anusapati bertakhta di Tumapel, atau yang kemudian dikenal sebagai Singasari,

Pulau Jawa kokoh sentosa Hingga Sang Raja meninggal pada tahun 1248 Dan diarcakan sebagai Siwa yang gilang-gemilang di Candi Kidal.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube ASISI Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x