Selama Pandemi Covid-19, Industri Syariah Tetap Bisa Bertahan

- 31 Januari 2021, 09:07 WIB
Ilustrasi BRISyariah. kantor pusat BRI Syariah akan menjadi kantor pusat Bank Syariah Indonesia
Ilustrasi BRISyariah. kantor pusat BRI Syariah akan menjadi kantor pusat Bank Syariah Indonesia /dok. BRISyariah/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Pandemi Covid-19 merupakan tantang yang cukup berat bagi industri di Indonesia dan dunia. Tampaknya hal itu akan berlanjut hingga tahun 2021 ini.


Industri jasa keuangan syariah disebut-sebut sebagai salah satu industri yang memiliki ketangguhan di masa pandemi Covid-19.

"Industri ini pula masih memiliki ruang pertumbuhan yang sangat besar," kata Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro saat mengumumkan rencana pemberian Iconomics Syariah Award 2021, di Jakarta, Sabtu 30 Januari 2021.

Baca Juga: Dua Karyawan Minimarket Disekap Perampok, Uang Tunai Rp46 juta Digasak

Dikatakan, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ekonomi syariah menjadi lebih besar. Indonesia memiliki penduduk muslim besar. Lebih dari 87% penduduk Indonesia beragama Islam. Menurut Global Islamic Economy Indicator (GIEI) 2020, posisi ekonomi syariah di Indonesia di bawah Malaysia, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab.

Dikutip Priangantimurnews dari Pikiran Rakyat , posisi-posisi tersebut tetap harus didorong lebih membaik lagi karena mengingat pendalaman pasar syariah di Indonesia masih belum optimal. Inklusi ekonomi syariah dan keuangan syariah juga masih belum dalam. Yang baik dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Iconomics sebagai bagian entitas yang ingin turut andil mendorong perkembangan ekonomi syariah di Indonesia menggelar Iconomics Syariah Award 2021. “Kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan syariah terbaik, yang secara fundamental memiliki bisnis dan kinerja bisnis yang bagus dan potensial di masa depan,” kata Bram S. Putro.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 akan Dibuka, Buruan Segera Peersiapkan Syarat-syaratnya

Tujuan lainnya memberikan inspirasi bagi pelaku bisnis lainnya untuk memasuki industri syariah dengan berbagai inovasinya. Dijelaskan. Dalam menentukan penerima Iconomics Syariah Award 2021 melakukan riset sesuai dengan kategorisasi masing-masing, yakni perbankan syariah, asuransi syariah, multifinance syariah dan saham syariah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x