Kemenkop UMK Tegaskan Bantuan ke Sektor UMKM Terus Akan Berlanjut

- 23 September 2021, 19:01 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimistis, perekonomian Indonesia bisa kembali bangkit.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimistis, perekonomian Indonesia bisa kembali bangkit. /Dok.#JAGAUMKMINDONESIA/

PRIANGANTIMURNEWS - Dampak dari pandemi Covid 19, sektor UMKM justru sektor yang paling parah terkena dampak paling parah.

Mengantisipasi hal itu pemerintah telah mencanangkan beberapa program untuk mendukung kebangkitan UMKM.

Beberapa program yang dilakukan melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Baca Juga: Gariel Agbonlahor Sebut Liverpool Tidak Akan Masuk 4 Besar Tanpa Pemain Ini

Bahkan pemerintah menegaskan perhatiannya kepada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi tumpuan perekonomian nasional akan terus ditingkatkan.

Pasalnya, 99,9 persen struktur ekonomi nasional adalah dari sektor UMKM dimana selama ini selalu menjadi bantalan utama ekonomi nasional saat terjadi krisis.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, mengatakan, saat krisis akibat pandemi Covid-19, UMKM justru menjadi sektor yang paling terdampak parah. Namun pemerintah sudah mencanangkan beberapa program untuk mendukung kebangkitan UMKM.

Baca Juga: Kualitas Air Waduk Cirata Jelek, 93.000 Kolam Jaring Apung akan Ditata

Beberapa program yang dilakukan melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Per 30 Juli 2021 telah tersalur sebesar Rp14,21 triliun atau 92,35 persen kepada 11,8 Juta Usaha Mikro. Selanjutnya bantuan subsidibunga KUR (kredit usaha rakyat) sebesar 3 persen yang akhirnya diperpanjang hingga akhir Desember 2021.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x