Sampah Anda untuk Buku Kami, Perpustakaan Indonesia Ciptakan Literasi dari Sampah

- 9 November 2021, 10:32 WIB
Relawan memilah sampah plastik di bank sampah di Desa Muntang, Jawa Tengah.
Relawan memilah sampah plastik di bank sampah di Desa Muntang, Jawa Tengah. /REUTERS

PRIANGANTIMURNEWS- Seorang pustakawan di pulau Jawa Indonesia meminjamkan buku kepada anak-anak dengan imbalan sampah yang mereka kumpulkan, dengan cara baru untuk membersihkan lingkungan dan membuat anak-anak lebih banyak membaca.

Setiap hari kerja, Ibu Raden Roro Hendarti mengendarai roda tiga dengan buku-buku yang ditumpuk di belakang untuk anak-anak di Desa Muntang untuk ditukar dengan gelas plastik, tas, dan sampah lain yang dibawanya kembali.

Dia mengatakan bahwa dia membantu menanamkan membaca pada anak-anak serta membuat mereka sadar akan lingkungan.

Baca Juga: 5 Faktor Lihat Kecocokan dengan Pasangan Salah Satunya Karakter

Begitu dia muncul, anak-anak kecil, banyak yang ditemani oleh ibu mereka, mengelilingi 'Perpustakaan Sampah' dan berteriak-teriak meminta buku.

Mereka semua membawa kantong sampah dan kendaraan roda tiga Ms Raden dengan cepat terisi penuh saat buku-buku terbang keluar. Dia senang anak-anak akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk game online sebagai hasilnya.

“Mari kita bangun budaya literasi sejak dini untuk mengurangi bahaya dunia online,” kata Ibu Raden. 'Kita juga harus menjaga sampah kita untuk melawan perubahan iklim dan menyelamatkan bumi dari sampah.'

Baca Juga: PM Malaysia Ismail Lakukan Kunjungan Resmi ke Indonesia

Dia mengumpulkan sekitar 100kg sampah setiap minggu, yang kemudian dipilah oleh rekan-rekannya dan dikirim untuk didaur ulang atau dijual. Dia memiliki stok 6.000 buku untuk dipinjamkan dan ingin membawa layanan seluler ke daerah tetangga juga.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x