Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bersama BI, TPID Kabupaten Ciamis dan Pangandaran Belajar Ini ke Karawang

- 26 Juni 2023, 10:30 WIB
 Capacty Building  (pembangunan kapasitas) TPID Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis dalam revitalisasi kelembagaan BUMD dalam mendukung ketahanan pangan./Humas BI
Capacty Building (pembangunan kapasitas) TPID Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis dalam revitalisasi kelembagaan BUMD dalam mendukung ketahanan pangan./Humas BI /

PRIANGANTIMURNEWS - Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya melaksanakan Cape City Building  (pembangunan kapasitas) TPID Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis  lakukan kunjungan kerja ke TPID Kab. Karawang dan BUMD Pangan DKI Jakarta, PT Food Station.

Pembangunan kapasitas TPID dalam revitalisasi kelembagaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam mendukung ketahanan pangan diwilayah Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945,"kata  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Aswin Kosotali Senin 26 Juni 2023.

Baca Juga: BI Dan Pemda Ciamis Dukung Stabilitas Pasokan Harga Pangan Gelar OPM

Aswin menyebut, pentingnya penguatan ketahanan pangan selain karena merupakan fondasi bagi pembangunan sektor-sektor lainnya juga karena adanya ancaman krisis pangan dunia sebagai akibat dari fenomena perubahan iklim dan tren populasi penduduk dunia yang meningkat. 

Sebagai salah satu peran penting dalam kehidupan manusia, ketahanan pangan menjadi prasyarat mutlak. 

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Baca Juga: Anak 14 Tahun Dicabuli Bapak Tirinya Hingga Hamil! Ibu Korban Sampai Shock! Ini Penjelasan Kapolres Ciamis

"Berbicara ketahanan pangan, wilayah Priangan Timur sebagai salah satu lumbung pangan Jawa Barat masih menghadapi tantangan gejolak harga pangan, salah satunya komoditas beras,"ujarnya.

Priantim sebagai salah satu daerah produsen komoditas beras  dan surplus produksi, komoditas beras masih menjadi penyumbang inflasi. 

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x