Kreatif! Sandal dengan Bahan Baku Gambas Dikembangkan Mahasiswa Unmuh Jember

- 29 September 2023, 21:44 WIB
 Mahasiswa Unmuh Jember menunjukkan sandal dari bahan tanaman gambas saat pameran basar di kampus setempat (ANTARA/HO-Humas Unmuh Jember)
Mahasiswa Unmuh Jember menunjukkan sandal dari bahan tanaman gambas saat pameran basar di kampus setempat (ANTARA/HO-Humas Unmuh Jember) /

PRIANGANTIMURNEWS - Kulit gambas selama ini hanya dianggap sampah sehingga dibuang begitu saja.

Namun tidak dengan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, gambas bisa dibuat sandal, sehingga memiliki nilai ekonomis.

Kini sandal berbahan gambas yang diberi nama Spoloof itu sedang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, psehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis produk tersebut.

Baca Juga: Mabes Polri Akan Adakan Lomba Konten Kreatif untuk Umum

Salah seorang mahasiswi Unmuh Jember Lala Rizky Hari Shafira mengatakan konsep untuk kembangkan sandal gambas pertama kali muncul tahun 2021 saat menerima tugas kuliah bisnis kreatif. 

"Konsep untuk mengembangkan produk itu pertama kali muncul pada tahun 2021 ketika saya menerima tugas kuliah dalam mata kuliah bisnis kreatif," kata Lala Rizky Hari Shafira dalam keterangan tertulis Jumat 29 September 2023.

Inovasi tersebut berhasil meraih hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) kampus untuk mengembangkan produk unggulan berupa sandal berbahan dasar sayuran itu karena produk yang diberi nama Spoloof itu memikat perhatian banyak orang dengan keunikannya.

Baca Juga: 3 Makanan Olahan Buah Naga Kreatif, Lengkap dengan Cara Mengolahnya

Pengembangan produk inovatif tersebut melibatkan tim yang terdiri dari Desta Intan Permata Sari dan Atika Firmanda Akmalia, serta Lala Rizky Hari Shafira sebagai pemilik bisnis produk sandal Spoloof itu.

Yang membuat sandal Spoloof berbeda dari produk sejenis di pasaran adalah bahan dasarnya karena sandal itu dibuat dari gambas yang dikeringkan dan diolah menjadi produk unggulan, memberikan tekstur dan desain yang istimewa, katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x