Kotoran Ikan Paus Ternyata Bermanfaat untuk Biota Laut

- 3 Februari 2021, 18:10 WIB
ILUSTRASI Ikan Paus
ILUSTRASI Ikan Paus /Pikiran Rakyat /AFP/.*/AFP

PRIANGANTIMURNEWS - Masih banyak orang yang salah menganggap paus sebagai golongan ikan, dengan sebutan “ikan paus”, padahal mereka tergolong mamalia. Paus atau lodan (khusus yang bergigi dan bukan berukuran kecil) adalah kelompok mamalia yang hidup di lautan. Sebutan paus diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar.

Organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang lingkungan, telah mengeluarkan petisi guna melindungi ikan paus sekaligus menjaga laut karena ternyata organisme ini begitu penting dalam menjaga bumi di tengah perubahan iklim global.

Berikut ini beberapa fakta tentang paus yang menjadikan mereka salah satu hewan laut yang harus dilindungi demi menjaga laut di seluruh belahan bumi.

Baca Juga: Optimis Menang di MK, KPU Pangandaran Ajukan Eksepsi

1. Paus hidup hingga ratusan tahun
Spesies seperti paus biru bisa hidup hingga lebih dari 100 tahun, dan para ilmuwan percaya bahwa paus bowhead Arktik (wilayah di Kutub Utara) dapat hidup lebih lama, setidaknya 250 tahun.

2. Paus adalah penyimpan karbon hidup
Mamalia ini mengambil karbon dan menyimpannya di dalam tubuh saat sedang makan, serta tidak melepaskannya selama mereka hidup.

3. Paus makan dan bernafas
Selain menghirup udara, paus perlu muncul di permukaan secara teratur dengan tetap makan di dalam air.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta Episode 150 Malam Ini: Aldebran Mau Ajak Andin Bulan Madu

Masing-masing spesies paus memiliki kebiasaan yang berbeda. Beberapa jenis paus menyaring plankton dan krill (udang kecil yang hidup di samudera) dalam jumlah besar dari permukaan air, sedangkan spesies lainnya menyelam ribuan meter untuk berburu cumi-cumi.

Aktivitas paus tersebut mencampur nutrisi secara vertikal di lautan dan menghubungkan permukaan air yang diterangi matahari dengan kedalaman yang sunyi dan gelap.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x