Gubernur Jabar Ridwan Kamil Menebar Ratusan Ribu Benih Ikan di DAS Citarum

- 13 Januari 2021, 16:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri Atalita dan jajaran unsur Forkopimda menabur ratusan benih ikan di DAS Citarum
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri Atalita dan jajaran unsur Forkopimda menabur ratusan benih ikan di DAS Citarum /NOVI NURULLIAH/Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Forkokpimda menebar ratusan ribu benih ikan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum sektor 6 Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu 13 Desember 2021.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Komandan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum melakukan kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6. Kegiatan merupakan rangkaian dari susur Sungai Citarum bersama jajaran Satuan tugas Citarum dan Forkopimda Jabar.

"Target kami pada Citarum saat ini cemar sedang tapi ternyata sudah di cemar ringan, itulah kenapa sama pangdam sepakat kita menabur ikan, "kata dia.

Baca Juga: 1,056 Juta Warga DKI Jakarta Mulai Terima Bansos Sosial Tunai Rp300.000 per Bulan

Pihaknya ingin membuktikan, dengan kondisi air Sungai Citarum saat ini minimal ikan dulu bisa hidup.

"Jadi kita menaburkan dua setengah ton, ada ikan macam-macam, ada ikan nila dan ikan lele, ikan patin ya, mudah-mudahan suatu hari kita bisa melihat ikan itu berkembang biak dan menjaga habitat yang sangat ekologis," tutur dia.

Setelah ikannya tumbuh dan berkembang bagus, lanjut dia, mungkin nanti suatu hari manusia bisa berenang kembali seperti waktu kecil di Citarum yang bersih.

Sementara itu, usai menebar benih ikan Ridwan bersama jajaran Satgas dan Forkopimda melakukan penanaman pohon secara simbolis di kawasan lahan kritis di sana.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-50, UNO Terbitkan Edisi Khusus

"Supaya tidak terjadi longsoran, sedimentasi, kami melanjutkan dengan penanaman pohon yang memang ditargetkan di Jawa Barat penanaman 50.000.000 pohon," ucap dia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x