Mau Tetap Awet Muda, Rajin Minum Susu Setiap Hari

- 15 Februari 2021, 22:24 WIB
ilustrasi agar tetap awet muda
ilustrasi agar tetap awet muda /dok. pikiran rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Tubuh membutuhkan beragam nutrisi, agar seluruh organnya berfungsi dengan baik dan terlindungi dari zat atau kuman penyebab penyakit. Secara umum, nutrisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi.

Makronutrisi merupakan kelompok nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sebaliknya, mikronutrisi adalah kelompok nutrisi yang dibutuhkan tubuh hanya dalam jumlah kecil, yaitu vitamin dan mineral seperti vitamin D, vitamin B, kalsium, dan zat besi.

Baik makronutrisi maupun mikronutrisi dapat diperoleh dari beragam jenis makanan, seperti nasi, daging, telur, ikan, serta sayur dan buah. Selain itu, nutrisi makro dan mikro juga bisa diperoleh dari susu dan berbagai produk olahan susu (keju atau yoghurt).

Baca Juga: Tanggapi Target Doni Monardo, Ferdinand Hutahaean: Kerja Saja dan Selesaikan

Karena susu merupakan sumber nutrisi yang baik, sudah sepatutnya dikonsumsi secara rutin sebagai upaya untuk menjalani gaya hidup sehat.

Bagi orang dewasa, manfaat dalam mengonsumsi susu secara rutin dapat mengurangi osteoporosis karena kebutuhan akan kalsium selalu terpenuhi.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa masa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Baca Juga: Perut Kembung Sebelum Menstruasi, Hilangkan dengan Cara Ini

Kalsium merupakan mineral utama yang terkandung di dalam tulang. Tubuh membutuhkan kalsium untuk meningkatkan dan menjaga kekuatan tulang, serta membuat otot dan pembuluh darah berfungsi dengan baik.

Kebutuhan kalsium orang dewasa 1.000–1.200 mg per hari, dan dapat terpenuhi dengan rutin mengonsumsi susu.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber dan Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x