Manfaat Buah Belimbing yang Dicari Masyarakat di Musim Hujan

- 22 Februari 2021, 23:13 WIB
buah belimbing yang banyak mengandung vitamin C
buah belimbing yang banyak mengandung vitamin C /mantrapandeglang.pikiran -Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Hujan merupakan anugerah langsung dari sang pencipta. Tidak hanya airnya yang bermanfaat bagi pengairan, suara dan aroma hujan pun mampu memberikan efek relaksasi.

Belakangan ini, intensitas hujan sangat tinggi sehingga mengakibatkan debit air menjulang volumenya. Hal ini mengakibatkan banjir di hampir setiap wilayah nusantara.

Turunnya imunitas tubuh saat banjir menjadi salah satu faktor utama timbulnya penyakit. Imbauan pemerintah untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh saat banjir kerap disuarakan.

Salah satu cara untuk menjaga agar imun tetap terjaga yakni dengan mengonsumsi buah-buahan, salah satunya belimbing yang dalam bahasa Inggris disebut starfruit alias buah bintang.

Dengan nama lain Averrhoa carambola adalah buah yang populer di negara beriklim tropis. Belimbing dikenal dengan rasa asam manisnya yang khas dan menyegarkan. Buah ini juga memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, magnesium, dan mineral.

Tingginya kandungan vitamin C yang ada dalam belimbing dapat mencukupi 50 persen kebutuhan tubuh. Mengonsumsi belimbing sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C pada belimbing sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal penyakit, dan menguatkan tulang dan otot.

Belimbing kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti sakit maag. Perlu diketahui, buah ini memiliki kandungan antiulkus seperti terpenoid, flavonoid, dan mucilage.

Kandungan ini dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung. Selain itu, belimbing memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta mengurangi risiko peradangan pada kulit.

Sumber: Berbagai Sumber

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x