7 Makanan Sehat dan Kaya Nutrisi dari Kacang-Kacangan

- 7 Maret 2021, 16:59 WIB
Makanan berbahan dari kacang-kacangan.
Makanan berbahan dari kacang-kacangan. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Makanan yang dibuat oleh manusia dan berguna untuk manusia juga terbuat dari bahan dasar kacang-kacangan.

Kacang-kacangan adalah kelompok makanan lain yang telah dinyatakan kehalalannya oleh pihak MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Kacang-kacangan mengandung senyawa antinutrien yang dapat menganggu pencernaan dan penyerapaan nutrisi. Namun, senyawa ini bisa dihilangkan dengan cara perendaman dan persiapan memasak secara tepat. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Baca Juga: Pernyataan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Mengenai Tambang Pasir di Leuweung Keusik Galunggung

Dikutip priangantimurnews dari Healthyhine, terdapat jenis kacang-kacangan yang sehat dan kaya nutrisi, kemudian bisa diolah kembali menjadi makanan yang super lezat, yaitu:

1. Kacang Hijau
Kacang hijau sangat baik dan enak jika diolah menjadi bubur. Kacang hijau ini merupakan biji-bijian yang kaya kan nutrisi dan antioksidan. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa kacang hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Kacang Merah
Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang mengandung racun jika dimakan saat mentah, sehingga saat ingin memasakkan pastikan untuk merendam atau mencucinya dengan baik dan bersih. Kacang merah mengandung banyak serat, berbagai vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Weekend, DiRumahAja, Isi Hari Minggu Mu dengan 6 Aktivitas Ini

3. Lentil
Lentil adalah sejenis kacang-kacangan polong yang dikeringkan, kemudian dikemas menjadi makanan yang populer di kalangan anak-anak atau orang dewasa. Dalam sebuah lentil terkandung banyak serat dan beberapa sumber protein nabati yang terbaik bagi tubuh.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: healtyhine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x