Stop Stigmatisasi Terhadap Penyintas Covid-19 Yang Sedang Bertahan Dalam Keterasingkan

- 1 April 2021, 14:10 WIB
Ilustrasi  isolasi mandiri.*
Ilustrasi isolasi mandiri.* /Pixabay./

PRIANGANTIMURNEWS- Pengalaman sebagai penyintas Covid-19 tidaklah mudah untuk dijalani dan berimbas terhadap keluarga yang kita sayangi.

Disaat hidup dalam keterasingan sangat dbutuhkan mental yang kuat, pikiran yang tenang serta menghiraukan komentar miring dari orang lain yang bisa mempengaruhi spikologis.

Benar apa kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, bahwa terkena positif Covid-19 itu tidak enak, jauh dengan keluarga, kerabat dan teman-teman. Maka dirinya menghimbau kepada masyarakat agar menjaga protokol kesehatan, gunakan masker.

Pengalaman pahit menjadi penyitas positif Covid-19 (OTG) kini ku alami sekarang dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Mulai terasa hari demi hari tanpa temen-temen dan menjaga jarak dengan keluarga termasuk menjaga jarak dengan anak-anak dan istriku.

Baca Juga: Demokrat Versi KLB Deli Serdang Ditolak Kemenkumham,Demokrat Kabupaten Bekasi Ucap Syukur

Untungnya menurut petugas medis di Labkesda aku sudah diberikan suntikan vaksin Covid-19 yang kedua, sehingga meskipun terpapar Covid-19 tidaklah parah.

Hari demi hari kulalui, aku berusaha untuk menguatkan mental dengan melakukan berbagai kegiatan, berjemur tiap pagi agar badan tetap hangat, mencari keringat dengan berolahraga, asupan vitamin dan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup tak lupa juga berdoa sama Allah SWT.

Tidak sedikit teman atau keluarga yang memberikan suport agar mental ku kuat dalam menjalani isoman. Namun tidak sedikit orang yang menjauhi, bahwa menjadi bahan pembicaraan, sehingga membuat anak-anakku minder dan ikut mengurung diri di kamarnya. Tantangan ku kini tinggal memperkuat mental anak-anak juga istri ku di rumah.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri di Makassar Hingga Teroris Serang Mabes Polri, Ridwan Kamil: Jangan Takut, Kita Tak Akan Kalah

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah