Kaum Wanita Wajib Tahu, Apa Itu Darah Haid dan Darah Nifas, Berikut Niat Mandi Besar Haid dan Nifas

- 1 April 2021, 21:04 WIB
Ilustrasi Mandi Wajib
Ilustrasi Mandi Wajib /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Haid dan melahirkan (Nipas) sudah merupakan suatu kodrat yang dimiliki oleh seorang wanita. Bagi wanita muslim, ada tata cara yang harus dilakukan setelah masa haid berakhir.

Cara yang harus dilakukan wanita muslim yaitu membersihkan diri dengan mandi wajib dan berniat mandi setelah haid berakhir. Dengan cara itu kaum wanita bisa melakukan ibadah kembali karena sudah mensucikan seluruh badan dengan niat dan doa yang telah diucapkan saat mandi.

Bagi kaum wanita, bukan hanya masa haid saja namun ada masa nifas juga. Nifas yaitu masa wanita setelah melahirkan namun masih mengeluarkan darah, hal itu juga harus mensucikan diri dengan melakukan mandi nifas dan harus berniat serta mengucapkan doa.

Baca Juga: Melihat KBM Tatap Muka. Risiko Penularan Covid-19 di Pangandaran Sudah Menurun

Wanita muslim harus mengikuti apa yang telah Allah perintahkan untuk kita, sebab hal itu untuk mensucikan kita dari najis karena mengeluarkan darah kotor.

Dirangkum Priangantimurnews.com dari berbagai sumber pada Kamis, 1 April 2021, berikut adalah tata cara mandi wajib bagi wanita setelah haid dan nifas.

Dalam surat An-Nisa dan Al-Maidah Allah befirman:

An-Nisa ayat 43 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.”

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x