Tips Menyusui Bayi yang Baru Lahir, Begini Caranya

- 1 Agustus 2021, 02:50 WIB
Ilustrasi tips menyusui bayi yang baru dilahirkan
Ilustrasi tips menyusui bayi yang baru dilahirkan /PIXABAY/

PRIANGANTIMURNEWS - Kecemasan seorang ibu yang baru menyusui bayi baru lahir. Apalagi jika ini adalah buah hati pertama kita, mungkin tidak semudah yang dibayangkan. Jangan khwatir ada yang dapat membantu melancarkan prosesnya.

Seperti yang dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat dari berbagai sumber Minggu 1 Agustus 2021.

Seorang ibu harus tahu kapan bayi lapara gar proses menyusui berhasil, bayi baru lahir umumnya cenderung merasa lapar setiap 1,5 sampai 3 jam sekali.

Baca Juga: Islam dan Kebudayaan Merupakan Satu Kesatuan Tak Bisa Dipisahkan

Ciri yang paling terlihat jika bayi lapar, ketika bayi terus-terusan menoleh ke segala arah sambil berusaha meletakkan tangannya ke mulut atau pipi.

Cara lain yang mudah dikenali yaitu bayi membuat suara mengisap atau mengecap. Jika buah hati Ibu sudah menunjukkan tanda-tanda ini, segeralah menyusuinya.

Mencari posisi yang tepat untuk menyusui. Selain itu, posisi yang tepat juga meminimalisir payudara terasa nyeri selama bayi menyusu.

Ada banyak posisi menyusui. Misalnya, craddle hold yang menopang kepala serta tubuh bayi menggunakan lengan di sisi payudara yang disusui. Ibu juga bisa menggunakan lengan yang berlawanan dengan payudara yang diisap.

Baca Juga: Setelah Absen Karena Cedera, Dani Carvajal Siap untuk Mengambil Tanggung Jawab Lebih di Real Madrid

"Ibu baru mungkin akan lebih nyaman menggunakan posisi football hold. Jika biasanya bayi berada di depan, posisi ini mengharuskan bayi berada di samping ibu di bawah lengan. Jadi, satu lengan memegang tubuh si kecil, lengan satunya menopang payudara," katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x