Ini Dia Sosok Bayi Tabung Pertama di Dunia yang Lahir pada 25 Juli 1978

- 24 Juli 2021, 20:57 WIB
Orang pertama yang dilahirkan melalui proses fertilisasi in vitro (IVF).
Orang pertama yang dilahirkan melalui proses fertilisasi in vitro (IVF). /tangkapan layar instagram @louisejoybrown/

PRIANGANTIMURNEWS- 25 Juli 1978 merupakan hari bersejarah bagi bayi bernama Louise Joy Brown, karena dia adalah seorang bayi tabung pertama yang berhasil dilahirkan sebagai hasil dari siklus alami fertilisasi in vitro (IVF).

"Saat kita semakin dekat dengan hari saya lahir, 25 Juli, saya ingin mengakui jalan yang telah Anda pilih dan memberikan dukungan saya kepada Anda dalam perjalanan IVF Anda. 25 Juli 1978 mengubah cara pandang dunia kedokteran reproduksi. IVF terus menjadi jawaban bagi semua orang yang menderita infertilitas. Aku bangga padamu karena memilih jalan ini!" Tulis Louise di akun instagramnya @loisejoywbrown pada 23 Juli 2021.

Sang ibu, Lesley Brown, melahirkan Louise melalui operasi caesar. Louise lahir sehat dengan berat 2.600 gram.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Pemain Liverpool yang Harus Diwaspadai Selama Pramusim

Selama bertahun tahun pasangan Lesley dan Peter Brown sudah mencoba segala cara untuk memiliki keturunan secara alami, namun gagal karena tuba fallopi yang tersumbat. Sampai akhirnya pada tahun 1977 pasangan ini memutuskan untuk hamil melalui IVF. Riset ini dikembangkan ilmuwan di Cambridge University, yakni ahli fisiologis Robert Edwards dan ginekolog Patrick Steptoe.

Lesley dan Peter Brown kemudian sepakat menjalani terapi kesuburan. Para ahli kemudian menciptakan embrio di laboratorium yang merupakan hasil pembuahan sel telur dan sperma pasangan tersebut. Beberapa hari kemudian Embrio itu ditanamkan dalam rahim Lesley dan berkembang secara normal hingga lahirlah seorang bayi bernama Louise Joy Brown.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: history.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah