Google Doodle Hari Ini Menperlihatkan Sosok Wartawati Pertama di Indonesia dan Pejuang Diskriminasi Perempuan

- 8 November 2021, 09:12 WIB
Google Doodle hari ini merupakan Jurnalis Perempuan Pertama di Indonesia yang di Beri Gelar Pahlawan Nasional
Google Doodle hari ini merupakan Jurnalis Perempuan Pertama di Indonesia yang di Beri Gelar Pahlawan Nasional /Tangkapan layar google doodle

PRIANGANTIMURNEWS - Baru-baru ini Google Indonesia mengubah latar belakang tema pada mesin pencari terbesar dunia. Sosok yang terdapat dalam Google Doodle itu ternyata bikin banyak orang penasaran dengan sosoknya.

Dalam Google Doodle hari ini terpajang sosok perempuan yang mengenakan kain dililit dirambut dan merumbai dengan latar belakang format berita.

Orang dibalik Google Doddle itu ternyata Roehana Koeddoes atau Ruhana Kudus, perempuan pertama yang menjadi wartawati di Indonesia. 

Baca Juga: Jadwal Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Bandung dan Bogor Hari Ini Senin, 8 November 2021

Perempuan kelahiran Kota Gadang, Sumatera Barat 20 Desember 1884 itu sangat memiliki pengaruh besar terhaap diskriminasi perempuan pada zamannya.

Memulai karirnya dengan mendirikan salah satu sekolah Kerajinan amai Setia (KAS) yang terletak di Kota Gadang.

Selain sebagai aktivis perempuan, Ruhana juga aktif dalam dunia bidang pendidikan. Ruhana penulis aktif di laman surat kabar, Poetri Hindia. Namun saat surat kabar yang Ruhana tulis dibrendel oleh pemerintahan Belanda.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Untuk Convert YouTube Video Ke Mp3 dan Mengunduhnya

Akhirnya atas dasar rasa ketidakadila dan diskriminatif pada media surat kabar zaman itu, Ruhan berhasil mendirikan surat kabar sendiri dengan nama, Sunting Melayu. 

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x