Perhatikan 6 Faktor Utama Sebelum Membeli Hunian Idaman untuk Pengantin Baru

- 3 Desember 2021, 07:10 WIB
Berikut ini adalah tes kepribadian yang bisa mengungkapkan terkait sifat aslimu yang bisa dilihat dari rumah impian.
Berikut ini adalah tes kepribadian yang bisa mengungkapkan terkait sifat aslimu yang bisa dilihat dari rumah impian. //Buzz Quiz

PRIANGANTIMURNEWS - Zaman sekarang banyak pengantin baru setelah menikah menginginkan hunian yang terpisah dengan orang tua atau mertua mereka.
 
Selain rumah, apartemen menjadi pilihan para pasangan muda yg baru menikah sebagai hunian idaman. Alasannya agar bisa nyaman menjalani hari-hari bersama pasangan.
 
Namun, mencari hunian idaman bisa dibilang gampang-gampang susah, setidaknya ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli.
 

Sebelum salah mengambil keputusan dalam membeli rumah atau apartemen, perhatikan 6 faktor utama yang layak dipertimbangkan untuk mencari hunian idaman untuk para pengantin baru, dikutip dari berbagai sumber.

 
1. Lokasi

Calon pembeli harus mencari tahu apakah lokasi rumah dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan sarana transportasi.

Pastikan juga lokasi rumah tidak menjadi langganan banjir saat musim hujan. Lakukan riset sedetail mungkin agar bisa menghindari kerugian di masa depan.
 
 
2. Harga

Harga akan menyesuaikan dengan kemampuan para pembeli, namun calon pembeli harus mengetahui apakah harga properti tersebut sesuai dengan pasar.

Umumnya, ketika akan membeli properti bekas, harus diketahui dulu apakah harga yang ditawarkan wajar.
 
Sebagai pengantin baru tentu harus memperhatikan harga. Jangan membeli hunian diluar budget yang telah disepakati. Karena jika memaksakan akan membuat kesulitan dikemudian hari.
 
 
3. Fasilitas

Beberapa hunian mungkin akan menawarkan fasilitas pribadi seperti area perumahan klaster, townhouse, atau apartemen.

Calon pembeli perlu mencari tahu apakah fasilitas tersebut benar-benar tersedia dan berfungsi dengan baik, jangan sampai tertipu informasi yang ada di iklan.

Namun untuk rumah kavling, biasanya jarang ditemukan fasilitas seperti di area klaster dan townhouse.
 
 
4. Ukuran rumah

Faktor ini bisa menjadi pertimbangan utama dalam mencari rumah idaman, tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli.

Calon pembeli yang masih lajang tentu mempunyai kebutuhan berbeda dengan calon pembeli yang telah berkeluarga, serta tentunya ini akan berdampak pada ukuran rumah yang dicari.
 
5. Lingkungan

Cari tahu lingkungan calon hunian aman atau tidak. Misalnya, di area tersebut sering terjadi pencurian maka hal ini akan membahayakan.

Calon pembeli bisa menanyakan ke warga sekitar tentang kondisi lingkungan di area perumahan tersebut atau bertanya ke ketua RT sekitar untuk mengkonfirmasi apakah kehidupan tetangga di area tersebut aman dan harmonis.
 
 
6. Transportasi

Tentu akses untuk bepergian menjadi faktor esensial bagi semua orang.

Ketika sedang tidak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi, maka transportasi publik menjadi pilihan utama.
 
Untuk itu, penting mengetahui apakah rumah yang akan dipilih dekat dengan akses transportasi dan jalan besar.
 
Itulah tadi 6 faktor utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli hunian idaman khususnya untuk pengantin baru. Tentunya, alangkah baiknya sesuaikan dengan kebutuhan.***

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah