Sering Iri dengan Kesuksesan Orang Lain? Ingat Beberapa Hal ini Agar Bahagia

- 23 Desember 2021, 10:18 WIB
7 hal yang harus diingat agar tidak iri.
7 hal yang harus diingat agar tidak iri. /Antara/



PRIANGANTIMURNEWS - Iri memang sifat alami yang ada di dalam diri manusia. Tanpa kita sadari, perasaan negatif ini masih saja terselip di dalam hati. Meskipun sebenarnya kamu tidak bermaksud untuk memendam rasa iri, namun perasaan ini bisa muncul begitu saja dan kapan saja.

Jika selama ini kamu masih sering merasa iri dan cemburu pada kesuksesan orang lain coba deh pahami tujuh hal ini dijamin perasaan iri akan menghilang dari dalam hatimu seketika.

1. Iri hanya akan menghabiskan energi dan gak akan mendatangkan manfaat baik untuk diri sendiri
Apa sih yang kamu rasakan ketika sedang iri pada orang lain? Sakit hati? Sesak? Cemburu?  ragam perasaan negatif itu pasti bercokol di dalam hati.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ungkapkan Penyebab Timnas Indonesia Ditahan Imbang Singapura

Perasaan buruk ini sejatinya hanya akan menguras energimu saja. Kamu akan cepat naik darah atau justru sensitif terhadap berbagai hal yang tidak berkenan di hatimu. tidak ada manfaat baiknya kan buat diri sendiri?

2. Tidak perlu merasa iri, karena setiap orang sudah punya porsi kebahagiaannya sendiri-sendiri
Sebenarnya rasa iri itu tidak penting untuk dimiliki. Ketika kamu merasakan iri dan dengki, ingatkan diri sendiri bahwa semua orang sudah memiliki porsinya masing-masing.

Iri dengan pencapaian orang lain tidak akan membuat pencapaianmu sendiri meningkat. Jadi santai saja, yang kamu lakukan justru belajar dari kesuksesan orang lain supaya kamu juga bisa ikut mengukir prestasimu sendiri.

Baca Juga: Mbah Minto Meninggal Dunia: Sugeng Tindak Simbok

3. Memilih iri berarti kamu memilih untuk tidak bahagia
Selain menghabiskan energi, ketika memilih iri sebenarnya kamu juga memilih untuk tidak bahagia. Pasalnya, kamu justru akan terfokus pada rasa dengki pada kesuksesan orang lain dan tidak akan pernah memiliki ruang untuk sikap tulus di dalam hati. Ketika kamu masih memelihara rasa ini kamu tidak akan pernah merasakan kebahagiaan.

4. Ketika iri kamu justru akan fokus pada kebahagiaan orang lain dan tidak melihat berkat yang telah kamu terima
Ini alasannya kenapa iri akan menjadikanmu manusia yang tidak akan bahagia. Kamu hanya fokus pada kebahagiaan orang lain saja dan lupa pada berkat dan nikmat yang sebenarnya sudah kamu rasakan. Dengan begini, kamu bakal terus membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain dan gak akan pernah merasa puas.

5. Iri juga akan jadi penghambat untuk berkembang, orang yang membuatmu iri justru akan selalu berada di atasmu
Selalu melihat kesuksesan orang lain dari kacamata negatif juga akan menjadi penghambat untuk berkembang. Bahkan, orang yang kamu cemburui tersebut bakal selalu berada di atasmu. Hal ini terjadi karena kamu selalu merasa kurang dan tidak bisa menyainginya. Kamu tidak mau kan selalu berada di bawah?

Baca Juga: Rukun Mandi Besar Menurut Kitab Safinatunnaja

6. Memilih memelihara rasa iri berarti kamu pilih jadi orang yang antagonis karena melihat segala sesuatu dari sisi yang negatif
Iri dan dengki memang kacamata negatif yang merugikan. Jika sudah memiliki rasa cemburu dan iri di dalam hati, bisa dipastikan kamu bakal tidak pernah melihat dari sisi positif. Ada saja kekurangan kecil orang tersebut yang kamu jadikan gunjingan. Dengan begini, kamu sudah menobatkan dirimu sendiri menjadi seorang yang antagonis.

7. Ingin mencapai kesuksesanmu sendiri? Mulai sekarang stop pelihara rasa iri deh!
Alih-alih memendam rasa iri pada kesuksesan orang lain, kamu bisa menjadikannya semangat untuk terus maju. Tidak perlu cemburu pada pencapaian orang lain, karena kamu akan mendapatkan kebahagiaan versimu sendiri. Lakukan segalanya dengan ketekunan, bersihkan rasa iri dari dalam hati, dan yakinlah bahwa perjuanganmu akan membuahkan hasil baiknya nanti.

Siapkah jadi orang sukses dan bahagia ? ***

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x