Orang Tua Wajib Tahu Ini, 5 Hal Ketika Anak Dipukul Sama Temannya, Orang Tua Harus Bagaimana?

- 23 Maret 2022, 20:41 WIB
Ilustrasi karikatur dua orang anak laki-laki sedang berkelahi
Ilustrasi karikatur dua orang anak laki-laki sedang berkelahi /pngdownload/

PRIANGANTIMURNEWS - Mendidik anak adalah sesuatu yang tidak mudah bagi sebagian orang tua.

Tidak heran lagi apabila anak berkelahi dengan sesama temannya. Maka inilah cara yang harus orang tua terapkan ketika anak dipukul atau berkelahi dengan temannya:

1. Ajarkan Anak Untuk Memaafkan
Mengajarkan anak untuk emaafkan adalah penting agar buah hati tumbuh tanpa rasa dendam di hatinya. Tahapan ini tidaklah mudah karena belum tentu si kecil langsung memaafkan temannya.

Baca Juga: Jembatan Penghubung Nusawiru dan Batukaras Pangandaran jadi Favorit Spot untuk Berfoto

Namun tahapan ini merupakan hal yang sangat penting sehingga perlu dikenalkan kepada anak sedini mungkin.

2. Melatih Anak Mengendalikan Emosi
Mudah marah dan sering menangis bisa menjadi hal yang umum terjadi pada anak-anak. Namun, pada usia dimana anak mulai belajar bersosialisasi penting bagi orang tua untuk melatih anak mengendalikan emosinya.

Contoh sederhananya adalah mengajarkan anak untuk tidak apa-apa merasa marah, kecewa atau sedih terhadap apa yang dilakukan temannya sendiri.

Namun, orang tua juga harus membantu anak untuk dapat mengekspresikan segala jenis emosi negatifnya ini dengan cara yang benar misalnya dengan bercerita kepada orang tua.

Baca Juga: 17 Desa di Kabupaten Pangandaran Gelar Pilkades Serentak

3. Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalahnya Sendiri
Saat anak menceritakan kejadian buruk yang sedang dialaminya, perlu sekali untuk segera menanggapinya dan mungkin memberikan pertanyaan seperti "Bagaimana cara mengatasinya?".

Dengan demikian orang tua juga melatih anak untuk dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

4. Arahkan Anaknya Untuk Segera Melaporkan dan Memintan Bantuan
Orang yang dapat jadi tempat melapor dan diminta bantuan oleh anak adalah orang dewasa yang bertanggung jawab pada tempat kejadian.

Jika anak dipukul di sekolah ada baiknya untuk segera melaporkan perbuatan temannya ke guru karena itu masih tanggung jawab sekolah.

Namun, bila terjadi di lingkungan rumah, arahkan anak untuk melapor baik pada orang tua, maupun orang dewasa yang dikenal.

Baca Juga: Profil Biodata Sarah Amalia Mantan Istri Ariel Noah

Bisa juga dengan mengajarkan anak beladiri tapi dengan catatan sebelumnya sudah diberitahu bahwa ini untuk membela diri jika perlu, bukan untuk sembarangan memukul orang lain.

Demikian 5 hal cara mengajarkan anak ketika berkelahi dengan temannya. Maka jadilah orang tua yang bijak, yang selalu ngasih solusi kepada anaknya dalam masalah pertemanan.


 

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x