Tips Agar Anak Mau Curhat Sejak Dini, Simak Baik-baik!

- 10 April 2022, 15:20 WIB
Ilustrasi orangtua dan anak
Ilustrasi orangtua dan anak /Canva/

PRIANGANTIMURNEWS - Komunikasi yang hangat antara orangtua dan anak dapat menghindarkan anak dari pengaruh lingkungan yang buruk dan pergaulan bebas.

Kebiasaan curhat pada anak ini perlu dibentuk sejak dini, bahkan saat anak masih balita, karena ini merupakan salah satu cara mengembangkan bahasa komunikasi dan sekaligus menguatkan bonding antara orangtua dan anak.

Membangun bahasa komunikasi yang menyenangkan dengan anak itu dapat membuat anak terbiasa bercerita tentang apa saja yang dia lakukan. Anak pun merasa tidak ada yang perlu disembunyikan dari orang tua.

Baca Juga: Inilah Asal Usul Zodiak yang Suka Dijadikan Ramalan, Yuks Simak Penjelasannya!

Kebiasaan seperti ini dapat melekat pada diri anak hingga remaja, sehingga dapat mempermudah orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anak.

Untuk mendidik anak terbiasa curhat ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari, di antaranya:

1. Jangan merasa terganggu

Bagi anak-anak apalagi balita banyak sekali hal menarik untuk mereka ceritakan kepada orangtua. Ini membuat kita perlu meluangkan waktu dan kesabaran untuk mendengarkan.

Reaksi kita saat mendengarkan anak curhat sangat penting. Tunjukkan antusiasme dan rasa ingin tahu Anda. Reaksi positif seperti ini membuat anak merasa nyaman dan tidak takut untuk mengulanginya di lain waktu.

Baca Juga: Link Live Streaming, Vitoria SC vs Porto : Prediksi Skor ,Head to Head: Primeira Liga 2021-22

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram @mendidikanaksholeh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x