Asal Usul Ketupat yang Menjadi Makanan Wajib di Hari Raya Idul Fitri

- 27 April 2022, 12:32 WIB
Ilustrasi ketupat yang wajib harus ada di saat Hari Raya Idul Fitri./Instagram @hijicorp
Ilustrasi ketupat yang wajib harus ada di saat Hari Raya Idul Fitri./Instagram @hijicorp /

PRIANGANTIMURNEWS - Ketupat adalah makanan wajib saat Hari Raya Idul Fitri atau sering di sebutnya dengan lebaran, tetapi banyak yang tidak tahu asal usul dari ketupat? Berikut ini adalah asal usul ketupat

Rupanya ketupat sudah ada semenjak zaman dahulu. Bagaimana sejarah ketupat? Sejak kapan masyarakat Indonesia mengonsumsi ketupat? Ketupat sudah dikenal sejak zaman penjajahan hindia belanda.

Ketupat diperkenalkan saat Islam masuk ke tanah Jawa. Dan diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran dirayakan pada hari pertama Idul Fitri dengan berdoa dan silaturahmi. Bakda Kupat dirayakan sepekan berikutnya.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Menggapai Bintang' Terbaru Dari Andika Kangen Band

Di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda.

Ketupat merupakan singkatan dari frasa dalam bahasa jawa "ngaku lepat" yang artinya mengakui kesalahan. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kupat merupakan singkatan dari "laku papat" atau empat tindakan.

Ketupat tidak hanya ditemukan di Indonesia. Ketupat bisa ditemukan juga di kawasan Asia Tenggara, khususnya negara yang penduduknya ada dari Suku Melayu. Di negara tersebut, mereka juga menjadikan ketupat sebagai salah satu sajian Hari Raya Idul Fitri.

Menurut ahli, Ketupat memiliki beberapa makna yaitu:

Dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia. Ketika dibuka akhirnya akan terlihat nasi putih dimana mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah memohon ampunan dari segala kesalahan. Dari bentuknya, Ketupat mencerminkan kesempurnaan jika dilihat dari bentuknya.

Baca Juga: Ini 20 Link Download Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022: Segera Pasang!

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @beanbagbintan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x