Mistik Presiden Soeharto dan Semar Mesem

- 24 Mei 2022, 16:10 WIB
Presiden Soeharto.
Presiden Soeharto. /Buku Dunia Batin 2 Macan Asia

PRIANGANTIMURNEWS- Tokoh ikonik dalam sejarah kepemimpinan Soeharto adalah Semar. Ia menampik istilah "Petruk dadi ratu".

Soeharto menampilkan ikon Semar dalam dirinya karena Semar menampilkan diri sebagai simbol rakyat.

Soeharto merasa telah menjadi satu dengan Semar yang menjelma dalam dirinya. Dalam tradisi Jawa, Semar adalah tokoh pewayangan yang berperan dominan dalam kehidupan.

Baik secara spiritual atau kultural, Semar menjadi tokoh yang menarik. Ia ditampilkan sebagai sosok badut dan memiliki kekuasaan yang luar biasa.

Baca Juga: Kasus Subang Terkini, Ini Pemicu pak Yosep Emosi ke Danu dalam Pembunuhan Ibu dan Anak

Bukan Arjuna yang terkenal tampan dan sakti mandraguna atau Bima yang kuat, berani, suci dan gagah perkasa, tetapi Semarlah idola Jenderal yang dikenal murah senyum itu.

Soeharto adalah bisa diibaratkan penjewantahan dari sosok Semar, seorang tokoh kawula (Batur atau pembantu), namun memiliki kualitas dan kesaktian lebih tinggi dari para dewa sekalipun.

Sebagai tokoh Semar, selalu berusaha memposisikan diri sebagai manusia setengah dewa yang artinya adalah sabda pandita ratu.

Tak heran bila semua titah dan ucapannya harus menjadi hukum dan undang-undang negara dan wajib dilaksanakan. Bagaimana tidak, kentut Semar saja dapat mengguncang kemapanan para dewa.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x