Asal Usul Kota Bandung Berawal dari Gunung Sunda Purba dan Danau Bandung Purba, Ini Kata Ahli Geologi!

- 16 Juli 2022, 12:50 WIB
Asal usul terbentuknya wilayah Bandung.
Asal usul terbentuknya wilayah Bandung. /Tangkap layar YouTube Historical Study

PRIANGANTIMURNEWS- Asal-usul nama Bandung dikemukakan berbagai pendapat sebagian mengatakan bahwa kata Bandung dalam bahasa Sunda identik dengan kata banding dalam bahasa Indonesia berarti berdampingan ngabanding, dalam bahasa Sunda berarti berdampingan atau berdekatan.

Hal ini antara lain dinyatakan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka tahun 1994 dan kamus Sunda Indonesia terbitan pustaka Setia tahun 1996 bahwa kata Bandung berarti berpasangan dan berarti pula   berdampingan.

Pendapat lainnya mengatakan bahwa kata Bandung mengandung arti besar atau luas. Kata-kata itu berasal dari kata bandeng dalam bahasa Sunda bandeng adalah sebutan untuk genangan air yang luas dan tampak tanah, namun terkesan menyeramkan, diduga kata bandeng itu kemudian berubah bunyi menjadi Bandung.

Baca Juga: Rekap Bursa Transfer MU: Chelsea Datangkan Cristiano Ronaldo, Kesepakatan Tercapai untuk Pemain 24 tahun Ini

Ada pula pendapat lain yang menyatakan bahwa kata Bandung berasal dari kata bendung. Pendapat-pendapat tentang asal dan arti kata Bandung rupanya berkaitan dengan peristiwa terbentuknya aliran sungai Citarum purba di daerah Padalarang oleh lahar Gunung Tangkuban Perahu yang meletus pada masa Holosen.

Dalam pengertian atau penjelasan kata Bandung ini kita akan membahasnya dari adanya Gunung Sunda purba dan juga danau Bandung purba karena dari sanalah awal terbentuknya wilayah Bandung.

Gunung Sunda adalah gunung api dari kajian dan penelitian geologi dapat dipastikan bahwa gunung yang telah punah itu dulu berada di dataran tinggi Priangan Jawa Barat.

Menurut Muhammad Nugraha Kartadinata yaitu geolog dari pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi yang juga telah mengkaji mengenai gunung Tangkuban Perahu dan juga Gunung Sunda mengungkapkan bahwa letusan-letusan yang terjadi pada gunung sunda tidak hanya sekali bahkan terjadi beberapa kali.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini, Sabtu, 16 Juli 2022: Anda Mungkin Akan Kembali Kepada Mantan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Historical Study


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x