Asal Usul Kerajaan Tarumanegara dan Siapa Pendirinya?

- 19 Juli 2022, 19:56 WIB
Asal usul kerajaan Tarumanegara.
Asal usul kerajaan Tarumanegara. /Tangkap layar YouTube Historical Study

PRIANGANTIMURNEWS- Asal usul penamaan kerajaan Tarumanegara berasal dari dua kata yaitu Tarum dan Negara Tarum merupakan nama sungai di Jawa Barat yakni Sungai Citarum, sementara Negara berarti sebuah kerajaan.

Keberadaan Kerajaan Tarumanegara dibuktikan dari penemuan Komplek percandian Batujaya dan Cibuaya di muara sungai Citarum.

Kerajaan Tarumanegara adalah sebuah kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-4 hingga abad ke-7 masehi tepatnya di Pulau Jawa bagian barat.

Letak Kerajaan Tarumanegara dapat diketahui setelah ditemukannya beberapa peninggalan sejarah berupa prasasti.

Bukti sejarah berupa prasasti ini merupakan sumber sejarah Kerajaan Tarumanegara yang amat penting untuk menguak sejarah dan kebenaran mengenai berdirinya Kerajaan bercorak Hindu Siwa ini.

Baca Juga: Bela Nathalie! Nunung Bongkar Sifat Sule yang Belum Diketahui Orang!

Yang pertama mengenai kehidupan politik Kerajaan Tarumanegara salah satu sumber sejarah yang mengungkap bagaimana kehidupan politik di Kerajaan Tarumanegara adalah naskah Wangsakerta.

Di dalam naskah ini memuat  nama raja raja Tarumanegara yang jumlahnya dari berdiri hingga runtuh mencapai 12 raja memang belum ada bukti yang menyebutkan siapa pendiri Kerajaan Tarumanegara, namun pada naskah Wangsakerta disebutkan bahwa raja pertama Tarumanegara bernama Jayasingawarman.

Namun banyak para pakar meragukan isi naskah tersebut menurut naskah Wangsakerta Kerajaan Tarumanegara didirikan pada tahun 258 masehi oleh Jayasingawarman, raja pertama ini kemudian oleh putranya yang bernama Dharmayawarman, ia memerintah dari tahun 382 hingga 395 masehi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Historical Study


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x