Fenomena Mistis Terjadi di Astana Giribangun, Saat Pemakaman Presiden Soeharto

- 18 Agustus 2022, 10:18 WIB
Makam Astana Giribangun/antara foto
Makam Astana Giribangun/antara foto /

PRIANGANTIMURNEWS- Astana Giribangaun merupakan makam keturunan Kerajaan Mangkunegaran. Ternyata, makam itu memiliki daya mistis dalam sejarah perjalanannya.

Muncul mitos bahwa makam Astana Giribangun tersebut merupakan tempat sakral dan tidak bisa diperlakukan sembarangan.

Beberapa peristiwa dan fenomena mistis aneh terjadi diantaranya saat makam mantan Presiden Soeharto digali. Suasana pemakaman Soeharto di Astana Giribangun kala itu sedang redup, tak ada awan.

Baca Juga: Jadwal MPL Season 10 Pekan Kedua, Duel Seru ONIC Esport VS RRQ Hoshi

Hanya angin yang berhembus pelan, Soeharto dimakamkan pada Minggu Wage, 27 Januari 2008 setelah adzan Ashar sekitar pukul 15.30 WIB.

Keluarga besar Soeharto hadir bersama sejumlah tokoh ternama, baik dari dalam maupun luar negeri. Sebelum penggalian, keluarga besar Soeharto melakukan upacara bedah bumi.

Tujuannya adalah agar penggalian dapat berjalan lancar dan selamat. Upacara tersebut dipimpin oleh Begug Purnomosidi, mantan Bupati Wonogiri.

Baca Juga: Kejagung Kembali Periksa Surya Darmadi Terkait Kasus Pencucian Uang Lahan Sawit di Riau, Setelah Jadi Buronan

Upacara dimulai dengan menancapkan linggis ketanah pemakaman sebanyak tiga kali, yang pertama, tidak terjadi apapun dan begitu pula dengan yang kedua.

Namun, kejadian yang membuat merinding bulu kuduk terjadi saat linggis mengoyak tanah untuk kali ketiganya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x